spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Deklarasikan Pemuda Anti Golput, KNPI: Pemuda Harus Jadi Bagian Sukses Pilgub Jabar

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat siap bersinergi bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar untuk mendorong pemuda di Jabar menyalurkan hak suaranya pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jabar 2018. Seperti diketahui, pemilih hak suara di Jabar hampir setengahnya atau sekitar 16 juta suara berasal dari kalangan pemuda.

    Ketua KNPI Jabar, Rio F Wilantara menuturkan, pihaknya bersama KPU Jabar telah sepakat untuk mengawal suara pemuda untuk tersalurkan atau tidak golput pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Pihaknya pun menyatakan kesiapan bersinergi bersama KPU dalam menjaga penyelenggaraan Pilgub Jabar yang aman dan lancar.

    “Kita pun siap menerima dan memberi masukan terkait permasalahan pemilih pemula dan pemuda. Salah satunya soal kepemilikan e-KTP,” ujar Rio saat ditemui usai pelaksanaan Rapat Koordinasi OKP dan Sosialisasi Pilgub Jabar 2018 di sekretariat DPD KNPI Jabar, Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung, Senin (16/4/2018) malam.

    Rio menuturkan, untuk memastikan keterwakilan pemuda dengan kepemilikan e-KTP pada Pilgub Jabar 2018, pihaknya pun akan melakukan audiendi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Jabar. Hal ini dilakukan untuk melakukan kontrool sampai sejauh mana keterlibatan pemuda dalam hal administrasi kependudukan ini.

    “Kami berharap generasi muda untuk peduli. Kami sebagai organisasi pemuda siap mendukungnya termasuk mensosialisasikan terkait informasi serta tata cara yang menyangkut Pilgub Jabar 2018. Dan untuk Pilgub Jabar 2018 ini, kita menargetkan 50 persen pemuda di Jabar bisa menyalurkan hak pilihnya saat pencoblosan tanggal 27 Juni mendatang, Pemuda harus menjadi bagian suksesnya Pilgub Jabar 2018,” tegasnya.

    Pada kegiatan Rapat Koordinasi OKP dan Sosialisasi Pilgub Jabar 2018 sendiri, KNPI Jabar mendeklarasikan gerakan Pemuda Anti Golput dengan mengutus sepuluh pemuda demokrasi anti golput. Deklarasi ditandai dengan pembubuhan cap tangan diatas kain putih yang dilakukan Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat serta Ketua KNPI Jabar, Rio F Wilantara.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img