spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Jika Menang di Pilgub, Ridwan Kamil Janjikan Pemekaran Wilayah Jawa Barat

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat, Ridwan Kamil berkomitmen merealisasikan pemekaran Jawa Barat. Tujuannya, untuk meningkatkan akses pelayanan masyarakat.

    Hal tersebut diungkapkan Ridwan Kamil dalam Diskusi dengan Forum Komunikasi Pemekaran Daerah (FKPD) dan organisasi Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) di Kabupaten Sukabumi.

    Salah satu kasus yang mengharuskan pemekaran segera direalisasikan, yakni pelayanan E-KTP. Menurutnya, ada ketidakadilan di masyarakat pelosok untuk mendapatkan pelayanan publik.

    “Ada warga desa di pelosok Kabupaten Sukabumi untuk urus KTP sampai delapan jam ke Kota. Mending kalau beres sehari, belum dipingpong,” ujarnya dalam keterangan persnya.

    Lanjutnya, untuk pemekaran wilayah yang mengharuskan melalui loby – loby politik di tingkat pusat, pihaknya berharap Partai Politik ikut membantu. Bahkan, upaya pemekaran akan dilakukan dalam momentum Pilpres 2019.

    “Kalau mau menang di Jabar, tanda tangan kontrak politik ke calon Presiden presiden untuk mencabut moratorium,” ujarnya.

    Menurutnya, pemekaran wilayah sangat penting dengan perbandingan Provinsi Jawa Timur dengan jumlah masyarakat kurang dari 40 juta memiliki 38 Kabupaten Kota, sedangkan Jawa Barat dengan 47 juta penduduk hanya memiliki 27 kabupaten kota.

    “Pemekaran wilayah menjadi agenda politik paling urgent. Mudah – mudahan dengan kemenangan RINDU akan mengakselarasi Pemekaran wilayah, mempercepat proses pembangunan infrastruktur dan menjadikan Jabar sebagai provinsi paling maju se Indonesia,” terangnya.

    (Adie/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img