spot_img
Jumat 24 Mei 2024
spot_img
More

    Hore ! 58 Kelompok Tani di Ciamis dapat Bantuan Traktor

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Kelompok tani di Kabupaten Ciamis kembali mendapatkan bantuan traktor dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

    Kepala Dinas Pertanian Ciamis Kustini mengatakan, tahun 2018 Ciamis bantuan traktor sebanyak 58 unit untuk kelompok tani. Masing-masing kelompok tani mendapat satu unit traktor.

    “Hari ini baru datang 20 traktor dari provinsi. Belum semua datang, distribusinya bertahap. Titik distribusinya di dinas, jadi kelompok yang ambil ke sini,” kata Kustini, Kamis (29/03/2018) di ruangan kerjanya.

    Traktor bantuan tersebut bisa diambil oleh kelompok tani. Setiap kelompok tani harus menyiapkan biaya jasa angkut.

    “Ada biaya yang harus dikeluarkan petani untuk jasa angkut. Dari titik diatribusi di sini ke kelompok tidak ada anggarannya. Karena ini bantuan barang yang langsung didrop dari provinsi,” kata Tini.

    Kustini menambahkan dengan bantuan tersebut maka jumlah traktor bantuan yang ada di Ciamis yang masih layak pakai sejak Tahun Anggaran 2014 sampai saat ini sebanyak 758 traktor. Jika dibandingkan dengan jumlah kelompok yang ada yakni 2500 kelompok, maka kebutuhan traktor di Kabupaten Ciamis masih sangat banyak.

    “Ditambah bantuan yang sekarang datang, traktor layak pakai baru ada 758 unit. Itu baru setengahnya dari total jumlah kelompok tani yang ada. Tetapi ada juga traktor milik perorangan dan swasta,” kata Kustini.

    Traktor bantuan pemerintah ini di lapangan disewakan oleh kelompok. Uang jasa sewa traktor itu untuk biaya pemeliharaan dan bahan bakar. “Jadi memang disewakan. Petani yang butuh ya sewa ke kelompoknya. Itu untuk pemeliharaan dan bahan bakar. Tarifnya di lapangan pasti beragam tergantung kesepakatan kelompok,” ujar Tini.

    Kustini berharap dengan bantuan traktor tersebut produksi padi di Ciamis lebih meningkat. Petani di Ciamis sangat mengandalkan traktor untuk menggarap tanah sawah.

    (DH)

    Berita Terbaru

    spot_img