spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Warga Binaan Berontak, Kalapas Cirebon Ogah Cari Provokator

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Aksi unjukrasa penolakan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Kesambi Cirebon Nyaris berujung ricuh. Meski dapat dikendalikan, fasilitas Closed Circuit Television (CCTV) rusak.

    Seperti diketahui, warga binaan Lapas menolak kegiatan petugas internal merazia kepemilikan telepon seluler (Ponsel), Narkotika dan senjata tajam.

    “Nggak, mereka cuma menggoyang – goyangkan pintu, itu kan biasa. Memang ada tiga CCTV dirusak, tapi itu kita sudah tangani,” ungkap Kalapas Klas 1 Kesambi Cirebon, Hani, Kamis (22/3/2018).

    Untuk sementara, kata Hani, pihaknya tidak akan mengusut siapa aktor maupun provokator yang menggerakan warga binaan Lapas ricuh. Sebab, kata dia, saat berdialog dengan delapan perwakilan audiensi, mereka menerima penjelasan pihak Lapas.

    “Mereka sudah masuk ke kamar masing – masing. Kita memang tidak dulu mengarah ke situ, cooling down dulu, apalagi pas diajak dialog, mereka kooperatif, mereka juga mau mendengarkan penjelasan dari kami,” jelas dia.

    Adapun tindaklanjut mencari provokator atas kejadian tersebut, pihaknya enggan melakukannya terlebih dahulu, sebab dinilai sangat rawan. Yang diutamakan saat ini, kondusifitas warga binaan tidak berontak dengan program razia dan Lapas terkendali.

    “Kita juga hati – hati sekali untuk menentukan atau mencari provokatornya, situasi juga sedang cooling down dulu, nanti kita tindaklanjuti,” kata dia.

    (Adie/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img