spot_img
Jumat 24 Mei 2024
spot_img
More

    BUMDes Hanjuang Fokus Gerakan Ekonomi Masyarakat

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Hanjuang Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis bertekad menggerakan ekonomi warga dengan berbagai program usaha yang akan digulirkan.

    Sejak dibentuk awal tahun 2018, BUMDes Hanjuang mulai merancang berbagai program dalam rangka memaksimalkan potensi untuk menjadi Pendapatan Asli Desa (PADes).

    Ketua BUMDes Hanjuang, Priatna Jidin didampingi Sekretaris Taufan Nugraha menyebut, meski baru terbentuk, namun pihaknya akan langsung melakukan gebrakan dalam bidang perdagangan, peternakan dan perikanan, wisata, kerajinan, pertanian, perkebunan, home industri serta usaha jasa konstruksi.

    ” Kita penjajakan dulu karena baru terbentuk. Program sudah ada, tinggal realisasi sekaligus menunggu penyertaan modal dari Pemerintah Desa,” kata Taufan, Kamis (22/3/2018).

    Langkah pertama yang akan dilakukan, gelar roadshow ke tiap Dusun untuk menampung aspirasi masyarakat, khususnya yang bergerak di bidang usaha perdagangan atau produksi.

    ” Nanti BUMDes akan membantu memberikan bantuan modal dalam bentuk barang kepada masyarakat yang mengajukan. Kita titik beratkan ke para pedagang kecil agar bisa lebih berkembang,” ujarnya.

    Selain itu, keberadaan bendungan Leuwi Keris di Desa Handapherang menjadi kawasan wisata. Objek wisata yang kini booming dan menjadi daya tarik Handapherang adalah Wana Wisata Grand Sayang Kaak di bantaran sungai Citanduy.

    Inilah yang dilirik BUMDes Handapherang, bagaimana caranya mengembangkan wisata yang telah ada sehingga mampu mendatangkan PADes.

    (Riza M Irfansyah/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img