spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Demo Kelompok Separatis Papua Sambut Jokowi di Selandia Baru

    SELANDIA BARU. FOKUSJabar.id: Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya mengungkap bahwa Kelompok Separatis Papua (KSP) menggelar aksi demo selama lawatan Presiden Joko Widodo ke Wellington, Senin (19/3/2018) waktu setempat.

    “Kelompok Separatis Papua yang setiap kali demo selalu tenggelam dalam hingar bingar warga Indonesia yang jumlahnya lebih banyak dan suara lebih kencang yang menyambut dan mengelukan Presiden dimanapun beliau berada,” ungkap Tantowi seperti dilansir CNN, Selasa (20/3/2018).

    Dia menambahkan bahwa demo pendukung KSP yang ingin menarik perhatian tenggelam oleh hingar bingar warga Indonesia yang menyambut Presiden Jokowi.

    “Di Selandia Baru isu Papua dimainkan oleh orang itu-itu saja dengan isu itu-itu saja. Dan penduduk Selandia Baru sendiri tidak menaruh perhatian ke mereka,” ungkap Tantowi.

    Dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, Presiden Joko Widodo memaparkan situasi Papua saat ini, selain menjelaskan posisi Indonesia di berbagai masalah internasional. Seperti masalah kemanusiaan Rohingya di Rakhine State, Myanmar, konflik nuklir di Korea, sengketa di Laut China Selatan, sengketa daging di WTO serta penangkapan ikan ilegal (IUU Fishing).

    Presiden Jokowi juga berdialog dengan 30 mahasiswa, yang mewakili 150 pelajar dan mahasiswa asal Papua di Selandia Baru.

    “Suasana dialog sangat cair seperti hubungan bapak dan anak,” tulis Tantowi.

    Presiden Jokowi setiap aspirasi dan harapan yang disampaikan para mahasiswa. Presiden juga mengapresiasi inisiatif KBRI Wellington dalam menampilkan berbagai potensi yang dimiliki oleh putra-putri Papua lulusan dari Selandia Baru.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img