spot_img
Jumat 24 Mei 2024
spot_img
More

    Asyik Klaim 22 Daerah Jadi Lumbung Suara di Pilgub Jabar

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Pasangan Calon (Paslon) Gubernur – Wakil Gubernur Jawa Barat, Mayjend (purn) Sudrajat – Ahmad Syaikhu  (Asyik) mengklaim 22 daerah akan menjadi lumbung suara dalam pemenangan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

    Potensi suara tersebut berdasarkan fakta pada Pilpres 2014 yang merupakan basis suara pemenangan calon Presiden Prabowo yang jauh lebih tinggi dibandingkan Presiden Jokowi.

    Sudrajat mengaku cukup optimis dengan potensi raihan suara tersebut. Bahkan potensi suara mayoritas berada di wilayah Pantura. Namun, pihaknya tetap mengutamakan mesin politik partai koalisi berjalan maksimal di daerah – daerah.

    “Saya yakin dengan kinerja mesin partai pengusung Asyik, akan menyempurnakan kemenangan di Dapil VIII, umumnya di Jawa Barat. Dengan dukungan suara partai yang berkoalisi, saya yakin bisa memenangkan Pilgub Jabar,” ujar Sudrajat, Selasa (20/3/2018).

    Sementara itu, Pengamat politik Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung Asep Warlan menilai, dari potensi yang ada, Gerindra mampu memaksimalkan perolehan suara maksimal.

    “Saya selalu heran melihat peran mesin politik poros ini, bisa lebih sentral dibandingkan tokohnya. Bagaimana caranya supaya para kader Parpol pengusung di kota kabupaten bahkan dampai tingkat desa bisa meyakinkan masyarakat,” ujarnya.

    Dia menyebutkan, berdasarkan data rekapitulasi KPU Jabar pada Pilres 2014, poros Gerindra, PKS dan PAN unggul telak di Jabar dengan meraih 59,78 persen dari total suara pemilih di Jabar. Bahkan, jika dipetakan dari seluruh kabupaten/kota di Jabar pada Pilpres 2014, poros Gerindra, PKS dan PAN mampu meyakinkan masyarakat 22 kota/kabupaten. Fakta ini jadi salah satu alasan mengapa pasangan Asyik tetap bersikap optimistis dalam menghadapi pertarungan di Pilgub Jabar 2018.

    “Pada Pilpres 2014, poros Gerindra, PKS dan PAN hanya kalah di empat wilayah yakni Kota/Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Subang. Karena itu wilayah pantura jadi salah satu fokus Asyik untuk mendongkrak elektabilitas dan suara,” katanya.

    (Adie/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img