spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    TPA Handapherang Ditutup, Operasional Pembuangan Sampah Membengkak

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Terkena dampak proyek pembangunan Bendungan Leuwikeris, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis ditutup.

    Demikian dikatakan Kepala Bidang Kebersihan Persampahan dan Pertamanan, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis, Bayu Rahmana.

    “ TPA Handapherang sudah ditutup total, tidak ada lagi aktivitas pembuangan sampah. Dipindah ke TPA Sindangrasa, Kecamatan Banjarsari,” ungkap Bayu, Kamis (8/3/2018).

    Dia mengungkapkan, dari luas sembilan hektare, saat ini untuk pembuangan sampah dan fasilitas lainnya baru digunakan sekitar tiga hektare.

    ” Meski demikian kita harus menutup TPA Handaperang karena akan terdampak pembangunan Bendungan Lewikeris,” ucapnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis, Oman Rohman menjelaskan, ada opsi pemindahan TPA Handapherang ke TPA Banjarsari. Kendati TPA Banjarsari luas lahannya lebih sempit.

    “ Dibandingkan yang disini, TPA Banjarsari jauh lebih sempit, hanya sekitar lima hektar. Di tempat yang baru juga sudah dibangun beberapa fasilitas yang menelan anggaran sekitar Rp15 milyar. Yang pasti karena jaraknya jauh, otomatis biaya operasional membengkak,” katanya.

    Oman menambahkan, TPA Banjarsari difokuskan untuk menampung sampah di wilayah Ciamis selatan. Namun demikian, saat ini dipergunakan untuk menampung seluruh sampah yang biasanya dibuang di TPA Handapherang.

    “Apabila semua masuk ke TPA tersebut, umurnya tidak bakal lama. Kami juga memersiapkan TPA lain di Kecamatan Kawali untuk menampung sampah di kota Ciamis dan sekitarnya dan serta TPS Ciminyak di Cisaga,” ungkapnya.

    (Riza M Irfansyah/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img