spot_img
Selasa 25 Juni 2024
spot_img
More

    Ini Tiga Faktor Kemiskinan yang Harus Ditangani Pemkab Ciamis

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Praktisi Pendidikan yang juga Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis, Endin Lidinillah menyebut, ada tiga faktor yang harus fokus ditangani Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mengentaskan kemiskinan.

    Tiga faktor tersebut yakni, kemiskinan natural, kultural dan struktural.

    Menurut Endin, berdasarkan hasil analisis faktor kemiskinan penyebabnya adalah kemiskinan turunan. Sementara kultural berkaitan dengan mental masyarakat yang tidak mau bersaing dan cenderung pasrah.

    Lalu faktor struktural yang menyangkut semua kebijakan yang dibuat pemerintah membuat masyarakat semakin melarat. Salah satunya, izin mini market yang tidak dibatasi.

    ” Kita bisa bayangkan dalam faktor struktural, jika izin mini market tidak dibatasi banyak usaha masyarakat yang gulung tikar,” ucapnya, Selasa (6/3/2018).

    Endin menekankan, jika pemerintah benar-benar ingin bekerja untuk memberantas kemiskinan, maka ketiga faktor tersebut mesti menjadi pokok pembahasan dan fokus kerja untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    (Riza M Irfansyah/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img