spot_img
Selasa 25 Juni 2024
spot_img
More

    Gratifikasi di Pilkada Garut, Polisi Segera Memanggil Calon

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Kepolisian Daerah Jawa Barat terus memburu pelaku lainnya yang terlibat gratifikasi di Pemilihan Bupati Garut 2018. Polisi pun akan memanggil pasangan Soni Sondani-Usep Nurdin yang diduga kuat terlibat dalam kasus itu.

    Untuk diketahui, polisi telah menetapkan tiga tersangka terkait suap untuk meloloskan kandidat tersebut.

    Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat Kombes Umar Surya Fana menyebut bahwa pihaknya akan memanggil Soni-Usep pada Rabu (28/2/2018) ini. Pemanggilan itu diperlukan untuk menggali keteranga dari kedua calon tersebut. Kaitannya dengan tersangka baru, pihaknya belum mau membukanya, meski menurut dia hal itu tidak menutup kemungkinan.

    “Kita ikuti alat bukti saja. Kalau tersangka baru, pengakuannya ada, tapi sepihak. Makanya kita tunggu perkembangan dari alat bukti,” jelas dia.

    Kepolisian pun akan meminta informasi dari beberapa bank untuk mengetahui pasti aliran suap.

    “Kita kirim surat ke beberapa bank terkait, untuk mengetahui informasi beberapa rekening. Akan kita kembangkan. Dana lari ke mana saja, sumber dana dari mana,” katanya.

    Lebih lanjut, dia memastikan bahwa kepolisian terus memantau pelaksanaan Pilkada lainnya di Jawa Barat, terlebih pihaknya banyak menerima laporan kasus serupa di daerah lain. Selain dari masyarakat umum dan lembaga swadaya masyarakat (LSM), pihaknya pun menerima laporan langsung dari aparatur sipil di penyelenggara pemilu.

    “Informasi banyak masuk. Kita dalami satu per satu. Satgas anti money politic kita terus bergerak. Semua dalam pengawasan kita. Kita minta masyarakat tidak segan melapor, baik ke polres, polda,” tutur dia.

    Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat optimistis kasus gratifikasi ini tidak memengaruhi jalannya Pilkada di Kabupaten Garut. Terlebih seluruh unsur terkait sudah berkoordinasi untuk menjaga kelancaran ajang demokrasi tersebut.

    “Kami berjanji akan berkomitmen untuk melaksanakan tugas. Apalagi saat ini semuanya sudah berjalan baik,” jelas Yayat.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img