spot_img
Sabtu 24 Februari 2024
spot_img
More

    Jumlah PMKS di Kota Bandung Diklaim Menurun

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) merilis data terbaru jumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Hasilnya jumlah PMKS di Kota Bandung mengalami penurunan.

    “Melihat trend memang di satu sisi (jalan raya- red). Tapi kalau melihat data yang masuk ke kami, yang dilakukan aparat kewilayahan ada penurunan baik termasuk dari kuantitas,” ujar Kabid Pengendalian Data dan Evaluasi Dinsosnangkis Kota Bandung dr. Susatyo Triwilopo melansir PRFM, Senin (26/2/2018).

    Berdasarkan data Dinsos 2017, jumlah PMKS di Kota Bandung sebanyak 80.338. Jumlah ini menurun dibandingkan data 2015 yang mencapai 133.806. Kategori PMKS yang didata meliputi Anak Terlantar, Anak Jalanan, Penyandang Cacat, Pengemis, gelandangan, Keluarga Fakir Miskin dan lainnya.

    Di antara kategori tersebut, kemiskinan mendominasi PMKS. Tahun 2015 jumlah keluarga miskin di Kota Bandung sebanyak 84.287 kepala keluarga (KK). Sedangkan pada 2017, jumlah fakir miskin menurun menjadi 61.467 (KK).

    Menurut Susatyo, penurunan jumlah PMKS tahun 2017 belum bisa dikatakan valid jika dibandingkan dengan fenomena di lapangan. Ia mengatakan, kinerja dan kredibilitas para petugas Dinsos yang mengumpulkan data terkadang kurang meyakinkan.

    “Kami sudah buat aplikasi aksen, namanya Kesejahteaan sosial excelent nanti digunakan verifikasi data PMKS, sehingga data itu berbasis nama, alamat, foto, koordinat dan masalah PMKS. Jadi kita bisa memilah masalah PMKS ini,” pungkasnya.

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img