spot_img
Rabu 7 Desember 2022
spot_img
More

    Banyak Guru di Ciamis Terlilit Utang

    CIAMIS,FOKUSJabar.id : Kelemahan guru saat ini masih berkutat pada kurang mampunya untuk memanage keuangan. Sehingga  masih banyak guru yang gajihnya minus karena terlilit utang.

    Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis H Wawan S Arifien saat membuka pelatihan pengembangan relasi konseling bagi guru Bimbingan Karir (BK) di SMK Musik Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Sabtu (16/2/2018).

    Wawan mengatakan, agar tidak terjebak dalam utang para guru orieantasinya jangan hanya mengajar tapi harus mendidik. Sehingga kalau para guru bisa mendidik anak maka dipastikan mereka juga bisa mendidik dirinya sendiri.

    “Adanya sertifikasi ternyata tidak menjadikan para guru sejahtera malah menjadi banyak utang yang disebakan tidak bisanya memanage keuangan,” katanya.

    Wawan melanjutkan, yang harus diperbaiki saat ini selain harus bisa memanage keuangan agar pasak tidak lebih besar dari tiang jargon guru pahlawan tanpa tanda jasa juga harus segera dirubah menjadi guru mengabdi setiap masa.

    “Jangan sampai para guru datang kesekolah hanya takut finger print atau tidak cair sertifikasinya,” ucapnya.

    Wawan menambahkan, sudah saatnya sekarang guru punya wibawa lagi seperti dahulu dimana siswa sangat menghormati gurunya.

    “Zaman dulu tidak pernah ada murid yang berani memukul guru,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/dar)

    Berita Terbaru

    spot_img