spot_img
Kamis 1 Desember 2022
spot_img
More

    Tebing Tanjakan Emen akan Jadi Safety Area

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Supratman mengungkapkan, tim gabungan dari berbagai instansi dikerahkan untuk mengusut tuntas penyebab kecelakaan maut di Tanjakan Emen, Ciater, Kabupaten Subang.

    Untuk diketahui, kecelakaan maut terjadi di Tanjakan Emen, Sabtu (10/2/2018) kemarin. Dalam insiden tersebut, sebanyak 27 orang meninggal dunia.

    Supratman mengatakan bahwa kecelakaan di Tanjakan Emen bukan pertama kali. Menurut dia, haemrua ada penambahan infrastruktur agar arus perjalanan di kawasan tersebut aman, meski dalam keadaan darurat.

    “Tim gabungan lagi turun ke Tanjakan Emen itu. Nanti kita tunggu keputusan bersamanya seperti apa. Kalau saya melihat sepintas kemarin, paling tidak, harus ada semacam safe area,” kata dia di Gedung Sate Bandung, Minggu (11/2/2018).

    Adapun objek yang harus ada pembenahan di kawasan itu, yakni tebing tinggi di lokasi kejadian.

    Dari perbincangan sementara dengan tim, tebing tersebut nantinya akan dipangkas menjadi safe area bagi kendaraan, baik untuk beristirahat maupun dalam kondisi darurat.

    Dia berharap area (Safe Area) itu menjadi lokasi yang mampu memangkas kemungkinan terburuk saat kendaraan mengalami kondisi darurat.

    “Apakah perlu dikasih pasir yang banyak, sehingga (bus rem blong) masuk itu langsung berhenti,” kata dia.

    Untuk rencana matang pembenahan Tanjakan Emen, pihaknya akan memprioritaskan hasil kajian tim gabungan.

    “Safety Area itu salah satu pembicaraan, namun bagi kita, tetap kajian tim,” jelas dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img