spot_img
Kamis 1 Desember 2022
spot_img
More

    Dulur Sagaluh Akan Netral Dalam Pilkada Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Milangkala ka-1 Dulur Sagaluh Sunda Saamparan Wangi di Bhuwana”
    di Keraton Selagangga Jalan KH Ahmad Dahlan Ciamis. Minggu (4//2/2018) berlangsung sederhana namun khidmat. Tampak hadir para inohong Ciamis dan  sejumlah kabuyutan yang tersebar di Patilasan Kerajaan Galuh.

    Juru Bicara Galuh Sadulur Sunda Saamparan R Hanif Radinal Mochtar mengatakan,  Dulur Sagaluh Baraya saamparan wangi di Bhuwana tersebut merupakan satu wadah para kabuyutan yang tersebar di bekas kerajaan Galuh tempo dulu.

    “Wadah Galuh sadulur ini merupakan wadah untuk menyatukan para kabuyutan untuk melestarikan dan mengamalkan ajaran karuhun Galuh,” ucapnya.

    Dalam milangkala tersebut lanjut Hanif, para kabuyutan mengadakan sawala bagaimana caranya ajaran galuh tersebut bisa tetap lestari dan dilaksanakan dalam kehidupan sekarang.

    “Silih asih, silih asuh, silih asah merupakan ajaran karuhun yang harus kita terapkan saat ini karena kalau ajaran tersebut dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari dipastikan negara akan aman tentram,” ucapnya.

    Sementara itu saat ditanya sejumlah wartawan keberdaan sikap Dulur Sagaluh dalam Pilkada Kabupaten Ciamis, Hanif menyatakan dengan tegas bahwa organisasinya akan bersikap netral.

    “Secara organisasi kami tegaskan tidak akan memihak pasangan manapun namun untuk pribadinya masing-masing silahkan saja untuk menentukan pilihanya kepada siapa saja sesuai pilihan hati nuraninya,” pungkasnya

    (Husen Maharaja/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img