JAKARTA,FOKUSJabar.id: Dari seluruh proyek yang masuk daftar PSN tersebut, Jalan Tol Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap (Getaci) menjadi salah satu yang paling disorot. Tol ini disebut-sebut akan menjadi urat nadi konektivitas baru yang menghubungkan wilayah Jawa Barat bagian selatan hingga ke Jawa Tengah bagian barat daya. Membuka akses ekonomi dan mempercepat arus logistik di kawasan selatan Pulau Jawa.
Jalan Tol Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap (Getaci) merupakan proyek panjang yang dirancang membentang sekitar 206 kilometer, menghubungkan Kota Bandung melalui Gedebage hingga ke Cilacap. Pembangunan tol ini diharapkan mampu memangkas waktu tempuh Bandung–Cilacap yang semula mencapai 8–9 jam menjadi hanya sekitar 4 jam.
Dari infomasi yang dihimpun dengan masuknya Tol Getaci ke dalam daftar PSN, proyek ini kini memperoleh prioritas nasional, baik dari segi dukungan pendanaan maupun percepatan perizinan. Pemerintah menargetkan tol ini dapat menjadi jalur strategis pendukung industri, pariwisata, dan distribusi logistik, khususnya untuk kawasan Priangan Timur, seperti Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis.
BACA JUGA: Kota Bandung Sumbangkan 21 Bidang Tanah untuk Pembangunan Tol Getaci
“Tol Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap akan menjadi game changer bagi pertumbuhan ekonomi Jawa bagian selatan. Dengan PSN, kami ingin memastikan proyek ini tidak lagi tertunda,” ujar salah satu pejabat di Kemenko Perekonomian.
50 Tol Jadi PSN, 15 Masih Tahap Konstruksi dan Perencanaan
Dalam daftar terbaru PSN yang dikeluarkan pemerintah, terdapat total 50 ruas tol yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia — mulai dari Aceh hingga Bali. Dari jumlah itu, 35 ruas telah rampung, sementara 15 lainnya masih dalam tahap perencanaan atau konstruksi aktif.
Beberapa di antaranya adalah:
- Jalan Tol Jambi–Rengat
- Jalan Tol Rengat–Pekanbaru
- Jalan Tol Probolinggo–Banyuwangi
- Jalan Tol Jakarta–Cikampek II Sisi Selatan
- Jalan Tol Yogyakarta–Bawen
- Jalan Tol Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap
- Jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban
- Jalan Tol Gilimanuk–Mengwi
- Jalan Tol Dalam Kota Bandung (North–South Link dan Bandung Inter Urban)
Proyek-proyek tersebut ditargetkan dapat menyokong pertumbuhan ekonomi daerah, serta memperkuat integrasi konektivitas nasional dari barat ke timur Indonesia.
BACA JUGA: Pemkot Tasikmalaya Bakal Optimalkan Dampak dari Tol Getaci
Pemerintah Tegaskan Komitmen Penyelesaian
Dalam Pasal 2A ayat (2) Permenko Nomor 16 Tahun 2025, pemerintah menegaskan bahwa setiap penanggung jawab proyek PSN wajib melaporkan perkembangan pelaksanaan dan rencana penyelesaian, apabila proyek tidak dapat selesai tepat waktu. Langkah ini diambil untuk memastikan seluruh proyek strategis dapat diselesaikan sesuai target dan manfaatnya segera dirasakan masyarakat.
Tol Getaci tidak hanya akan mempersingkat perjalanan antarwilayah, tetapi juga menjadi poros ekonomi baru bagi kawasan selatan Jawa. Daerah-daerah seperti Ciamis, Banjar, hingga Cilacap diproyeksikan tumbuh menjadi pusat distribusi dan industri baru karena kemudahan akses transportasi yang ditawarkan.
Dengan status barunya sebagai Proyek Strategis Nasional, publik kini menaruh harapan besar agar Tol Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap benar-benar segera terealisasi. Ini menjadi simbol pemerataan pembangunan dan konektivitas di era pemerintahan Presiden Prabowo Subianto.


