spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Pemkot Tasikmalaya Bakal Optimalkan Dampak dari Tol Getaci

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Pemkot Tasikmalaya tidak akan menyia-nyiakan dampak pembangunan jalan tol Getaci yang akan melintas di wilayah Kota Tasikmalaya.

    Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap (Getaci) yang akan menghubungkan wilayah Priangan Timur dan Jabar selatan tersebut, akan melintasi daerah Kota Tasikmalaya dan salah satu exit tolnya berada di Kota Tasikmalaya.

    Tol Getaci merupakan salah satu proyek strategis nasional, direncanakan akan beroperasi awal tahun 2029 disambut positif sejumlah kepala daerah di wilayah Priangan Timur.

    BACA JUGA: Bupati Ciamis Minta Guru Jangan Ajarkan Toleransi Agama Terlalu Berlebihan

    Tak terkecuali, Pemkot Tasikmalaya pun menyambut baik pembangunan Tol Getaci dengan melakukan berbagai langkah strategis agar tol memberikan dampak kemajuan bagi daerah.

    “Hadirnya tol Getaci, akan menjadi kunci penting dalam memperlancar dan mempercepat interkonektivitas aktivitas perekonomian di wilayah Priangan Timur khususnya di Kota Tasikmalaya, sehingga kita harus persiapan diri dengan baik agar manfaatnya dapat kita optimalkan,” kata Pj Wali kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah, Kamis (11/3/2023).

    Ia menjelaskan, hadirnya jalan tol Getaci, tentu berdampak multiplier efek terhadap perkembangan daerah di berbagai sektor.

    “Tol ini akan mempercepat akses transportasi bagi masyarakat dari dan ke satu daerah, dan yang terpenting, mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat luas,” katanya.

    Acara Ngariung Bersama tersebut, dihadiri sejumlah pejabat yakni Pj Walikota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah, mantan Walikota Tasikmalaya Budi Budiman dan Syarif Hidayat, Wakil Walikota Banjar Nana Suryana, Sekda Kota Tasikmalaya, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dan Kasubdit Perencanaan Jalan Tol Kementerian PU RI.

    Menurutnya, daerah di Priangan Timur, termasuk Kota Tasikmalaya saat ini harus mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi hadirnya jalan Tol Getaci sehingga dampaknya benar-benar dapat dioptimalkan.

    “Kita harus mulai melakukan perencanaan strategis agar jalan tol ini benar-benar memberikan dampak positif bagi kemajuan dan perkembangan daerah, di samping itu memberikan dampak terhadap pertumbuhan aktivitas perekonomian masyarakat,” katanya.

    BACA JUGA: Anggota DPR RI Ingatkan Warga Kota Tasikmalaya Agar Simpan Uang di Bank

    Cheka menambahkan, Kota Tasikmalaya harus mampu menangkap peluang dari pembangunan jalan tol agar aktivitas ekonomi masyarakat bisa bangkit dan berkembang.

    Sementara Kasubdit Perencanaan Teknik Jalan Tol Kementerian PUPR RI Dedi Gunawan menjelaskan, Tol Getaci ini salah proyek strategis sehingga pembangunannya terus dikebut.

    “Tol ini tahap awal, dimulai dari Gedebage Bandung sampai Ciamis dengan melewati Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, yang panjangnya sekitar 150 km,” kata Dedi.

    Ia mengatakan, tahap pembebasan lahan sudah dimulai, dan diperkirakan akhir 2024 proses pengerjaannya dimulai.

    “Tahap awal dari Bandung sampai Ciamis, ini menelan anggaran sekitar Rp 35 triliun, dan diusahakan tahap kedua sampai ke Cilacap Jawa Tengah,” kata dia. 

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img