BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali menghadirkan Bandung Great Sale (BGS) 2025 sebagai rangkaian perayaan Hari Jadi Kota Bandung ke-215. Ajang belanja tahunan ini akan berlangsung selama 11 hari, mulai 28 Agustus hingga 7 September 2025, dengan melibatkan 21 pusat perbelanjaan dan 549 tenant.
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Ronny Ahmad Nurudin, mengatakan BGS tahun ini akan lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Programnya menghadirkan diskon hingga 80 persen serta Crazy Sale di jam-jam tertentu selama 20 menit 15 detik.
Baca Juga: Pemkot Bandung Perkuat Mitigasi Bencana dengan Alarm Terintegrasi dan Edukasi Warga
“BGS bukan hanya pesta belanja, tapi juga pengungkit pertumbuhan ekonomi Kota Bandung. Kolaborasi perdagangan, pariwisata, transportasi, hingga kesehatan harapannya memberi manfaat luas bagi pelaku usaha dan masyarakat,” kata Ronny di Balai Kota Bandung, Selasa (26/8/2025).
Selain pusat perbelanjaan, ajang ini jugameriah oleh 72 toko swalayan dan ritel modern, 85 UKM/IKM dalam program Bandung Explorer, 43 distro di kawasan Trunojoyo–Sultan Agung–Bahureksa, 30 hotel berbintang dan 9 hotel nonbintang, 29 restoran dan kafe, 13 tenant elektronik, 16 toko furnitur, 11 klinik kecantikan dan salon, 4 pusat kebugaran, serta 3 objek wisata.
Dukungan transportasi juga hadir.. Mulai dari Bus Bandros gratis pada 1–7 September. Hingga diskon 20 persen tiket kereta api dari PT KAI Daop 2 Bandung. Penyelenggara juga menjajaki kerja sama tambahan dengan operator transportasi lain.
Potensi Transaksi Hingga 100 Miliar
Acara pembukaan akan terselenggara di Festival Citylink Mall pada 28 Agustus 2025 dengan parade Bandros dari Pendopo Kota Bandung, meriah bersama komunitas otomotif VW dan Vespa, hiburan musik, DJ, hingga atraksi seni bertema retro 90-an. Sementara itu, penutupan pada 6 September di Summarecon Mall Bandung bakal meriah dengan pertunjukan musik, pesta kembang api, dan Lighting Festival.
Ronny mengungkapkan, BGS 2024 mencatat potensi transaksi Rp70 miliar hanya dalam tiga hari. Tahun ini, dengan durasi lebih panjang dan peserta lebih banyak, Pemkot menargetkan perputaran uang mencapai Rp100 miliar lebih.
Dengan tagline “Discover Bandung, Enjoy the Sale”, BGS 2025 juga harapannya menarik wisatawan dari luar kota. Sekaligus menghidupkan kembali sektor pariwisata, perhotelan, kuliner, dan hiburan di Bandung.
“Belanja boleh, jalan-jalan juga boleh. Yang penting semua bisa menikmati pengalaman belanja menyenangkan sambil mendukung perekonomian Kota Bandung,” pungkas Ronny.
(Yusuf Mugni)