BANDUNG,FOKUSJabar.id: Melindungi planet adalah tanggung jawab semua warga negara. Demikian disampaikan Komisaris Utama Telkom Indonesia Prof. Bambang Brojonegoro dalam Tel-U Anniversary SGDs For Indonesia di Tel-U Bandung, Senin (2/12/2024).
Perubahan mendasar dalam pola konsumsi dan produksi menjadi salah satu tujuan penting yang harus dicapai untuk menjaga keberlangsungan bumi.
Hal ini sejalan dengan prinsip Sustainable Development Goals (SDGs) yang mendorong manusia untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan.
BACA JUGA: Telkom University Wujudkan Selaawi Wisata Bambu Terintegrasi
Setiap individu diingatkan bahwa, meskipun tidak bisa sepenuhnya menghindari produksi sampah, perilaku seperti membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi limbah makanan harus diterapkan.
“Ini adalah langkah nyata untuk melindungi planet dan mendukung gaya hidup yang lebih ramah lingkungan,” kata Bambang.
Pendidikan sebagai Motor Perubahan
Menurut dia, perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam memajukan SDGs. Selain menjadi jalan menuju masyarakat yang lebih baik, kampus dapat menjadi motor penggerak perubahan melalui integrasi prinsip SDGs dalam kurikulum dan kegiatan mahasiswa.
“Dengan memanfaatkan teknologi secara kreatif, perguruan tinggi dapat mempercepat pengembangan SDGs,” kata dia.
Kendati begitu, kolaborasi pentahelix antara pemerintah, akademisi, dunia usaha, komunitas, dan media dibutuhkan untuk memastikan implementasi nyata yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
Generasi Muda Sebagai Kekuatan Utama
Mahasiswa, sebagai generasi muda, adalah kekuatan utama Indonesia dalam mencapai SDGs. Oleh karena itu, penting untuk memperluas akses pendidikan tinggi, termasuk ke daerah-daerah yang selama ini sulit dijangkau.
Terlebih, kata dia, banyak potensi besar yang bisa muncul dari daerah-daerah tersebut. Bahkan mampu memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan berkelanjutan.
Dengan semangat kolaborasi dan perubahan pola pikir, Indonesia optimistis dapat mewujudkan tujuan SDGs dan melindungi planet tempat kita hidup.
(LIN)