spot_img
Wednesday 1 May 2024
spot_img
More

    8 Bus Bandros dari Jabar Kawal Konvoi Kontingen Indonesia di SEA Games 2023

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebanyak delapan bus Bandung On The Tour (Bandros) dari Jawa Barat bakal mengawal proses arak-arakan kontingen Indonesia usai berlaga di ajang SEA Games 2023 Kamboja.

    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Benny Bachtiar membenarkan jika kendaraan Bandros dari Jabar dipinjam oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk arak-arakan tersebut.

    “Iya, Jabar yang dikoordinir Pemprov bantu 8 unit, 5 dari Kota Bandung, 1 dari Kota Cimahi, 2 dari Pemprov Jabar. Permintaan Kemenpora,” kata Benny saat dikonfirmasi, Jumat (19/5/2023).

    Bus Bandros sendiri merupakan kendaraan wisata yang didesain khusus oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Kendaraan ini kemudian dibagikan ke sejumlah daerah.

    BACA JUGA: BPBD Bakal Segera Hadir di Kota Bandung Pada Awal Tahun 2024

    “Kendaraan Bandros merupakan inovasi Pak Ridwan Kamil pada saat jadi Walikota Bandung dan direplikasi dan dibagikan ke sejumlah daerah di Jawa Barat saat beliau menjadi Gubernur Jabar,” ujar Benny.

    “Ini merupakan partisipasi Jawa Barat untuk Indonesia,” pungkasnya.

    Seperti diketahui, pesta arak-arak kontingen Indonesia yang berprestasi di SEA Games 2023 digelar di Jakarta hari ini.

    Di ajang SEA Games 2023, kontingen Indonesia berhasil menyabet total 87 medali emas, 80 perak, dan 109 perunggu dan membuat Indonesia berada di posisi ketiga klasemen di bawah Thailand dan Vietnam yang jadi juara umum.

    Pencak silat menjadi cabor paling banyak menyumbang medali emas (9), disusul atletik (7). Indonesia juga berhasil menyabet emas sepakbola untuk pertama kalinya sejak 1991.

    Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengapresiasi pencapaian para atlet Indonesia di SEA Games 2023. Kemenpora merayakan keberhasilan ini dengan arak-arak kirab juara.

    Acara ini rencananya digelar pada Jumat (19/5/2023) mulai pukul 8.00 pagi WIB. Para peraih medali akan diarak dengan parade bus terbuka.

    Rute arak-arak dimulai dari Kantor Kemenpora RI lalu ke FX Sudirman, Semanggi, dan Bundaran HI. Parade kemudian kembali ke arah Senayan menuju putaran Patung Pemuda dan berakhir di Gelora Bung Karno.

    “KIRA87UARA: PRESTASIMU, KEBANGGAAN KITA! Sobatpora, ayo sama-sama kita sambut atlet-atlet kebanggaan Indonesia yang telah berjuang dan menorehkan prestasi di ajang SEA Games 2023 Kamboja!” cuit akun Twitter Kemenpora RI seperti dikutip.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img