spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Hengky Lempar Handuk, KBB Hanya Sanggup Gelar 3 Cabor Porprov XIV Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan diri mundur sebagai tuan rumah penyelenggara pertandingan 13 cabang olahraga pada gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat. Kabupaten yang resmi berdiri pada 2 Januari 2007 ini hanya sanggup menggelar tiga cabang olahraga.

    Kepastian itu muncul setelah Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengirimkan surat resmi kepada Gubernur Jawa Barat cq. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat dengan nomor 426.4/1540/2022. Surat bertanggal 27 Juli 2022 tersebut menerangkan jika Bandung Barat hanya siap melaksanakan penyelenggaraan tuan rumah Porprov XIV Jabar sebanyak tiga cabang olahraga yakni gulat, berkuda equestrian, dan woodball.

    Dalam surat tersebut pun, dijelaskan mengenai alasan ketidaksiapan KBB untuk menjadi tuan rumah penyelenggara seluruh cabang olahraga sesuai Keputusan Gubernur (Kepgub) No. 246/Kep-133-Dispora/2022 tertanggal 25 Maret 2022. Alasan yang paling mendasar karena KBB mengalami defisit anggaran yang tidak mungkin dilakukan penambahan anggaran pada perubahan APBD KBB TA 2022.

    Sebelumnya, berdasarkan kepgub, KBB ditetapkan sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan 17 cabang olahraga Porprov XIV Jabar. Yakni barongsai, berkuda equestrian, bowling, cricket, dansa, drum band, gulat, jujitsu, dan kempo. Lalu cabang olahraga menembak, senam, sepatu roda, ski air, squash, woodball, biliar, dan binaraga.

    BACA JUGA: Ikatan Mahasiswa Tasikmalaya Bidik Potensi Desa Pasirsalam

    KONI Jabar beserta Pengurus Pusat (PP) Porprov XIV Jabar pun langsung bergerak cepat usai menerima tembusan surat dari Plt. Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan. Salah satunya dengan mencari lokasi pengganti untuk pertandingan 13 cabang olahraga Porprov XIV Jabar.

    “Surat tersebut baru kita terima tembusannya pada siang tadi. Usai melakukan pertemuan dengan technical cabang olahraga Porprov XIV Jabar yang digelar di KBB, kita langsung melakukan rapat pimpinan membahas kondisi ini,” kata Ketua Harian KONI Jabar sekaligus Ketua PP Porprov XIV Jabar, M. Budhiana saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Kamis (28/7/2022).

    Budhiana mengatakan, pihaknya pun langsung melakukan koordinasi dengan beberapa KONI kota/kabupaten yang sebelumnya menyatakan kesiapan menjadi tuan rumah penyelenggara pertandingan Porprov XIV Jabar. Meski demikian, ada cabang olahraga dinilai cukup sulit untuk mencari lokasi pengganti.

    Ke-13 cabang olahraga yang batal digelar di wilayah KBB yakni barongsai, bowling, cricket, dansa, dan drum band. Lalu cabang olahraga jujitsu, kempo, menembak, senam, ski air, squash, biliar, dan binaraga.

    “Salah satunya cabang olahraga ski air, yang memang venue-nya ada di wilayah KBB. Kalau beberapa cabang olahraga lain relatif masih bisa dipindahkan. Intinya, 13 cabang olahraga yang sebelumnya digelar di KBB akan diambil alih oleh KONI Jabar dan PP Porprov XIV Jabar,” Budhiana menegaskan.

    “Kalau untuk bowling, selain di Kota Bandung juga ada sarananya di Kabupaten Bekasi. Kemudian senam, karena peralatannya cukup banyak dan berat, kemungkinan bisa digelar di SPOrT Jabar atau UPI. Dan menembak, kemungkinan besar digelar di Cisangkan Cimahi karena memang sarananya sudah cukup lengkap,” dia menambahkan.

    BACA JUGA: PB Porprov XIV Jabar Berharap Komitmen KBB Sebagai Tuan Rumah

    Budhiana mengatakan, pihaknya pun langsung berkoordinasi dengan pihak Dispora Jabar terkait kondisi yang terjadi. Rencananya, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan Kepala Dispora Jabar untuk membahas terkait mundurnya KBB sebagai tuan rumah pelaksana 13 cabang olahraga.

    “Rencananya, kita akan melakukan pertemuan dengan Dispora pada Senin (1/8/2022). Saya pun langsung melaporkan kondisi ini kepada Ketua Umum KONI Jabar, Pak Ahmad Saefudin yang saat ini masih berada di Korea Selatan untuk menjajaki perpanjangan kerjasama Jabar dengan Gyeong Sangbuk-Do terkait program kepelatihan,” kata dia.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img