spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Malaysia Tutup Kunjungan Pemegang Visa Jangka Panjang 23 Negara

    MALAYSIA,FOKUSJabar.id: Departemen Imigrasi Malaysia menutup pintu masuk warga pemegang visa jangka panjang dari 23 negara yang berisiko tinggi terhadap wabah virus corona.

    Negara-negara yang dilarang masuk adalah pemegang pas kunjungan jangka panjang dari Amerika Serikat, Brazil, India, Rusia, Peru, Colombia, Afrika Selatan, Meksiko, Spanyol, Argentina, Chili, Iran, Inggris, Banglades, Arab Saudi, Pakistan, Perancis, Turki, Italia, Jerman, Filipina dan Indonesia.

    Larangan itu disampaikan Dirjen Imigrasi Malaysia Dato’Indera Khairul Dzaimee Bin Daud dalam surat yang dikirim ke Kepala Imigrasi Negara Bagian dan Kepala Imigrasi Bandara KLIA, Sabtu, (5/9/2020). Menteri Pertahanan Malaysia sudah mengumumkan larangan tersebut pada Kamis (3/9) lalu.

    BACA JUGA: Kantor Ditjen Imigrasi Ditutup, Pelayanan Visa Tetap

    Yang tidak dibolehkan masuk yakni penduduk tetap (PR), visa program Malaysia My Second Home (MM2H) dan semua ekspatriat (pas profesional kategori I hingga III, Pas Residen Talent (RPT), Pas Kunjungan Pakar dan Pas Tanggungan (Dependent Pass), visa pelajar dan visa kunjungan sementara.

    “Larangan itu juga berlaku pada warga negara asing lain yang menjasi penduduk tetap atau mempunyai visa jangka panjang dari 23 negara. Izin masuk yang sudah dikeluarkan juga tidak berlaku,” kata dia.

    Pengecualian, kata Indera, hanya berlaku bagi diplomat dibawah perintah dan staf kedutaan yang belum mempunyai visa, masuk pertama atau penduduk negara lain seperti pemegang paspor PBB, WHO dan UNDP.

    “Kemudian kru pesawat, pelaut, pilot, kru penerbangan dengan syarat ‘general declaration’, kru dan pekerja profesional industri minyak dan gas. Arahan ini berlaku sejak 7 September 2020 di semua pintu masuk,” kata dia.

    (Olin/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img