spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Anak Penerima PKH di Ciamis Bisa Kuliah

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH, di Kabupaten Ciamis, yang memiliki anak mau lulus SLTA, kali ini memiliki peluang untuk bisa melanjutkan jenjang pendidikannya ke  perguruan tinggi.

    Kordinator Pendamping PKH Ciamis Indra Maulana mengatakan, ada terobosan baru dimana pihaknya membuka program Hayu Kuliah untuk anak KPM PKH dan membuka Ciamis Learning Camp, sebagai persiapan melanjutkan ke perguruan tinggi.

    “Wajib sekolahnya itu buat anak penerima PKH hanya sampai SLTA, tapi kamui mencoba membantu jika mereka ingin melanjutkan kuliah,” ujar Indra, Senin (09/03/2020).

    Pihaknya dengan bantuan dengan berbagai pihak, mencoba memfasilitasi bagi anak KPM yang berprestasi, baik akademik atau non akademik, dan menjalurkan mereka masuk kuliah melalui bidikmisi. Atau mengikuti program beasiswa.

    Data potensi anak KPM PKH yang berada pada jenjang Pendidikan SLTA/sederajat seluruhnya 11.844 siswa, dan yang sedang duduk di kelas 12 sebanyak 3.712 siswa.

    Kegiatan ini merupakan bagian dari Gerakan Kembali Sekolah Kembali Belajar (GKSKB) bagi KPM PKH yang sudah berjalan sejak Tahun 2017.

    GKSKB  mengupayakan anak-anak KPM PKH yang tidak melanjutkan jenjang pendidikan wajib bisa meneruskan dan menuntaskan melalui kegiatan pendidikan non formal di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

    Ada yang menarik dari GKSKB, dimana yang kembali belajar bukan hanya anak-anak tetapi ibu-ibu nya juga sama melanjutkan baik di paket B maupun paket C.

    Saat ini yang mengikuti proses pendampingan untuk masuk ke bidikmisi sebanyak 17 siswa/anak yang berasal dari beberapa Kecamatan, dari 17 siswa, hanya 2 anak laki-laki, sisanya 15 anak Perempuan. **

    Berita Terbaru

    spot_img