spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Ritual ”Nepus” Demi Karier Mulus

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Situs Dalem Kabuyutan Mama Kyai Mugni Gandapura di Desa Janggala, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis menjadi tujuan ziarah.

    Penunggu makam (juru kunci) Enjang Hasan mengatakan bahwa para peziarah datang ke makam Kyai Mugni untuk takziah, bertawasul dan berdoa agar semua hajatnya terkabul.

    “Rarata yang datang itu ingin karier yang meningkat dan persoalan pekerjaan,” kata Enjang.

    Adapun kedatangan para peziarah ke tempat tersebut, karena ada makam seorang kyai penyebar agama Islam pertama di Desa Janggala. Kyai itu berasal dari Solo , yakni Mugni Gandapura.

    “Menurut cerita, Mama Kyai Mugni Gandapura adalah orang yang pertamakali membuka daerah Janggala sekaligus penyebarkan Agama Islam di daerah ini,” jelasnya.

    Adapun ritual yang dilakukan para peziarah ditempat tersebut, yakni melaksanakan ‘Nepus’ yakni mengukur sebatang bambu kecil menggunakan tangan sebanyak tiga kali. Hal itu dilakukan untuk mengetahui hajat mereka diterima atau tidak.

    “Bagi peziarah yang berhasil akan terlihat saat mengukur dengan depaan itu ada kelebihan dari depaan tanganya. Jika sebaliknya, maka saat pengukuran tidak ada lebihnya,” jelas dia.

    (Husen Maharaja/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img