spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Jelang Ramadhan, Ribuan Jamaah Berdzikir di Pesantren Sirnarasa Ciamis

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Sekitar 10 ribu jamaah ikhwan Tarekat Qodariyah Naqsabandiyah se-Indonesia datangi Pesantren Sirnarasa Kabupaten Ciamis. Mereka memanjatkan syukur sekaligus mendalami ilmu Agama Islam bagaimana tentang berdzikir dan bertaswuf menjelang bulan Suci Ramadhan.

    Manurut Mubaligh kondang Jawa Barat, KH. Junjun, Manaqib Syech Abdul Qadir Jaelani ini terus dikembangkan sehingga menjadi wisata religi di Indonesia. Maksudnya, dalam bewisata ini para ikhwan tak hanya mencari sebuah kebahagiaan lahiriah saja, melainkan bahagia batiniah. Maka sangat tepat dengan berwisata rilegi ke pesantren Sirnarasa ini akan mendapatkan kebahagian yang hakiki.

    Pimpinan Yayasan Pasantren Sirnarasa, KH Dadang menyampaikan 10 ribu jemaah yang hadir di pesantren Sirnarasa ini hadir dari berbagai pelosok nusantara. Diantaranya dari Jawa Tengah, Medan, Sumatra, Kalimantan dan berbagai daerah lainya hadir untuk berwisata religi. Wisata yang bertajuk religi untuk peradaban dubia, ini akan menjadi agenda tahunan pemerintah pusat menjelang bulan Ramadhan.

    “Alhamdulillah, wisatawan mancanegara kemarin sudah sering datang diantaranya dari Amerika sudah menjadi program tahunan dari 9 negara bagian Amerika kemudian dari Singapura dari Malaysia ada silaturahim ke pesantren sirnarasa,” ucapnya.

    Sementara Kabid Promosi Wisata Budaya dan Religi Kementrian Pariwisata RI, Wawan menjelaskan bahwa dengan adanya wisata religi ini dia menginginkan adanya sebuah daya tarik bagi para wisatawan dunia untuk berkunjung ke Indonesia. Karena sejauh ini terang dia, banyak sekali para wisatawan yang melakukan wisata religi ke pesantren Sirnarasa Kabupaten Ciamis ini.

    “Akan kami jadikan agenda tahunan menjelang bulan Ramadhan untuk bermanaqib dan berdzikir di pesantren Sirnarasa Ciamis,” paparnya.

    (Boip/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img