spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Pemkab Ciamis Bangun Puluhan Rutilahu

    CIAMIS, FOKUSJabar. Id: Pada tahun 2024 ini puluhan rumah yang tadinya Rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni (Rutilahu) di bangun dengan anggaran Pemkab Ciamis. Demikian dikatakan Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup ( DPRKPLH) Kabupaten Ciamis Aris Taufik. Rabu (10/7/2024).

    Aris mengatakan, dari puluhan rumah yang dibangun tersebut ada beberapa rumah yang diprioritaskan karena bangunan rumah itu merupakan korban kebakaran.

    BACA JUGA: Petugas Pantarlih Ciamis Datangi Rumah Herdiat Sunarya

    “Tahun ini Pemkab Ciamis membangun 44 unit rumah warga yang kondisinya tidak layak huni menjadi rumah layak huni,”katanya.Rabu (10/7/2024).

    Aris menuturkan, dari 44 unit rumah Rutilahu yang dibangun 3 unit rumah dibangun akibat terdampak musibah kebakaran.

    “Satu unit rumah yang dibangun akibat musibah kebakaran yaitu di Kampung Kuta Kecamatan Tambaksari,”ucapnya.

    Aris melanjutkan, sedangkan 42 unit Rutilahu yang dibangun pihak Pemkab Ciamis melalui Dinas DPRKPLH  tersebar di semua wilayah Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

    BACA JUGA: Ini 2 Prioritas Pembangunan Pemkab Ciamis Tahun 2025

    “Dalam membangun rutilahu itu harus memenuhi 3 aspek yaitu keselamatan, bencana, kesehatan lingkungannya dan kecukupan lahannya,” ucapnya.

    Aris menjelaskan, selain progres pembangunan Rutilahu tersebut dari APBD Kabupaten Ciamis juga ada dari anggaran Provinsi Jawa Barat.

    “Anggaran pembangunan Rutilahu dari Provinsi Jabar ada 100 unit yang tersebar di 5 Desa kawasan kumuh dengan masing-masing 20 unit di setiap desa nya,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img