spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Perayaan Hari Jadi Ciamis ke-382 Dorong Ekonomi Lokal, Pedagang Kecil Meraup Untung

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pada peringatan hari jadi Ciamis yang ke-382, para pedagang kecil merasa terbantu dengan adanya berbagai kegiatan acara yang digelar.

    Acara perayaan yang berlangsung di sekitar alun-alun Ciamis tersebut berhasil menarik banyak pengunjung, yang pada gilirannya memberikan dampak positif pada pendapatan para pedagang kecil.

    BACA JUGA:

    Transformasi Alun-alun Ciamis, Langkah Menuju Kota Modern

    Mereka mengungkapkan bahwa acara-acara tersebut meningkatkan jumlah pengunjung yang datang, sehingga pendapatan mereka meningkat.

    Kegiatan perayaan yang ramai di sekitar alun-alun Ciamis, tempat pedagang-pedagang kecil biasa berjualan, memberikan dampak positif pada ekonomi lokal dan membantu para pedagang mendapatkan lebih banyak pelanggan.

    Salah satu pedagang, Bapak Sutrisno, yang menjual minuman dan makanan ringan, mengungkapkan rasa syukurnya.

    BACA JUGA:

    Ini Alasan Band Papan Atas Ogah Konser di Ciamis

    “Acara seperti ini sangat membantu kami, para pedagang kecil. Biasanya, pendapatan kami sehari-hari cukup pas-pasan, tetapi dengan banyaknya orang yang datang untuk merayakan, jualan kami jadi lebih laku,” kata Bapak Sutrisno.

    “Alhamdulillah, apalagi nanti minggu depan ada acara happyforia Indosiar pasti lebih ramai lagi,” tambahnya.

    Tidak hanya Bapak Sutrisno, Ibu Rina yang berjualan aksesoris juga merasakan hal yang sama. “Sejak pagi hingga malam, banyak orang yang membeli dagangan saya. Biasanya, saya hanya bisa menjual beberapa barang dalam sehari, tapi kali ini saya bisa menjual jauh lebih banyak,” ungkapnya.

    Kegiatan perayaan hari jadi ini tidak hanya meliputi acara hiburan, tetapi juga berbagai kegiatan sosial dan budaya yang turut menarik perhatian masyarakat. Pameran budaya, konser musik, dan berbagai lomba menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

    Hal ini diakui oleh Bapak Herman, seorang pedagang makanan lainnya, yang merasa sangat terbantu dengan keramaian yang ada.

    “Setiap kali ada acara besar seperti ini, kami merasa sangat terbantu. Kami berharap pemerintah bisa terus mendukung kegiatan seperti ini, karena dampaknya sangat besar bagi kami,” tuturnya.

    Menurut laporan dari Pemerintah Kabupaten Ciamis, tujuan dari mengadakan berbagai kegiatan dalam perayaan hari jadi ini adalah untuk menggerakkan perekonomian lokal dan mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

    Dengan adanya perayaan hari jadi Ciamis ke-382 ini, para pedagang kecil mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan pendapatan mereka.

    Semangat dan antusiasme mereka terlihat jelas, dan harapan mereka adalah agar kegiatan semacam ini dapat terus diadakan di masa mendatang, membantu menggerakkan roda ekonomi di tingkat lokal.

    (Fauza/Anthik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img