spot_img
Sabtu 13 Juli 2024
spot_img
More

    Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Kota Bandung Komitmen Masa Depan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pj Wali Kota Bandung Jawa Barat (Jabar), Bambang Tirtoyuliono mengatakan, penyelesaian krisis iklim harus segera dilaksanakan untuk menjamin masa depan yang lebih baik.

    “Perubahan iklim menjadi isu penting yang harus disadari oleh masyarakat. Ini adalah fenomena yang tidak bisa dihindari dan kita harus mengubah perilaku terhadap lingkungan,” kata Bambang saat menghadiri peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati), Jalan Gagak-Cipadung, Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru, Rabu (12/6/2024).

    BACA JUGA:

    5 Parpol di Ciamis MoU Usung Cabup-Cawabup Pilkada 2024

    Tema peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini adalah “Restorasi Lahan, Penurunan dan Ketahanan,” yang menekankan pentingnya penyelesaian krisis iklim dengan prinsip keadilan.

    Bambang juga menyoroti masalah pengelolaan sampah yang semakin meningkat. Timbunan sampah bertambah dari 250 ton menjadi 800 ton per hari.

    “Ini menunjukkan bahwa sampah memiliki nilai ekonomi jika dikelola dengan baik. Seperti menjadi kompos, RDF atau maggot. Kita harus memastikan keberhasilan ini berkelanjutan dengan dukungan semua stakeholder,” jelasnya.

    Oleh karena itu, pihaknya pun mengajak semua pihak untuk berkomitmen dalam menjaga lingkungan.

    BACA JUGA:

    Dinkes Kota Bandung Catat Implementasi Nyamuk Wolbachia 64%

    “Selamat Hari Lingkungan Hidup. Ini adalah momentum untuk lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. Mari kita berkomitmen untuk masa depan yang lebih baik bagi anak cucu kita,” ujarnya.

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung, Dudy Prayudi menyampaikan aksi nyata yang telah dilakukan demi menjaga lingkungan.

    “Sejumlah aksi lingkungan telah dilaksanakan. Di antaranya, kegiatan River Clean Up di sekitar Sungai Cikapundung, uji emisi kendaraan, penerapan Friday Car Free Day di lingkup balai kota serta penanaman pohon di Taman Kehati,” kata Dudy.

    Dudy berharap, acara ini dapat menjadi momentum bagi masyarakat Kota Bandung untuk terus peduli dan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

    “Kita ingin menumbuhkan kepedulian dan konsistensi dalam memperbaiki lingkungan secara berkelanjutan,” ucapnya.

    (Yusuf Mugni/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img