spot_img
Rabu 19 Juni 2024
spot_img
More

    Dewan Komisioner Pusat Minta OJK Tasikmalaya Dorong Kemajuan Dan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id : Gelaran Pengukuhan Kepala OJK sekaligus Governansi Insight Forum (GIF) Otorisasi Jasa Keuangan (OJK) Tasikmalaya berlangsung meriah, yang digelar di Ballroom Hotel Santika, jalan Yudanagara Cihideung Kota Tasikmalaya Senin (10/06/24).

    Sejumlah pejabat pun hadir dalam acara diantaranya Anggota DPR/MPR RI Komisi XI Siti Mufattahah, Ketua Dewan Audit OJK Pusat Sophia Isabella Wattimena, Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin, Kepala Perwakilan BI Tasikmalaya Aswin Kosotali, Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Pemkot Tasikmalaya Tedi Setiadi, Kepala OJK Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Ketua MES Tasikmalaya, Pimpinan Perbankan, para pengusaha serta pimpinan lembaga Pembiayaan se-Priangan Timur.

    Dalam Kesempatan itu, Komisioner sekaligus Ketua Dewan Audit OJK Pusat Sophia Isabella Wattimena menitipkan harapan besar kepada Kepala Ojk Tasikmalaya yang baru agar, mampu melanjutkan kinerja Kepala yang terdahulu untuk mendorong kemajuan dan pertumbuhan perekonomian khususnya di wilayah Kota Tasikmalaya.

    “Tentu Kepala Ojk yang baru ini memiliki tugas yang penting guna mendorong penguatan tata pengawasan keuangan dan integritas dala. mewujudkan ekosistem sektor jasa keuangan yang tumbuh dengan sehat serta berkelanjutan,”ungkap Sophia Isabella Wattimena kepada wartawan Senin (1/06/24).

    Ia pun berharap, Ojk Tasikmalaya dapat mendukung perkembangan sektor usaha mikro masyarakat. Seperti UMKM agar bisa lebih bangkit dan berkembang demi kekuatan perekonomian masyarakat.

    “Saya inginkan pelaku-pelaku UMKM khususnya di wilayah Kota Tasikmalaya ini dapat mendapatkan akses dari industri jasa keuangan. Guna pembiayaan pengembangan usahanya dapat mempercepat pertumbuhan perekonomian daerah,”ujarnya.

    Kehadiran OJK Tasikmalaya Harus Mampu Memberi Manfaat Untuk Masyarakat

    Kehadiran Ojk Tasikmalaya mampu dirasakan dan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat.

    “Kepala baru ini harus dapat menjalankan tugas dan fungsi Ojk. Yakni mengawasi dan memberikan perlindungan konsumen dan masyarakat dalam rangka pengembangan potensi perekonomian daerah,”paparnya.

    Sementara Anggota DPR RI Siti Mufattahah mengungkapkan, Ojk Tasikmalaya selama ini telah berkontribusi positif dalam membantu pertumbuhan dan kemajuan perekonomian masyarakat sehingga, sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai unsur harus terus diperkuat.

    “Peran Ojk ini harus lebih kuat, tidak hanya sebatas pengawasan peredaran keuangan. Namun bagaimana memberikan kemudahan akses masyarakat terhadap jasa keuangan. Terutama bagi pelaku-pelaku usaha mikro agar mereka ini lebih maju dan naik kelas,”ungkap Siti Mufattahah.

    Ia menjelaskan, dalam tugasnya, Ojk juga berkewajiban bagaimana mendorong agar, pertumbuhan perekonomian masyarakat bisa semakin maju. Dengan demikian, kesejahteraan masyarakat pun akan meningkat.

    “Ojk tidak hanya sebagai lembaga pengawasan jasa keuangan. Namun berkewajiban membangun perekonomian melalui tugasnya yakni memfasilitasi pemerataan pembangunan. Kemudian meningkatkan literasi keuangan masyarakat, mengurangi angka kemiskinan. Termasuk membuka pekerjaan melalui sektor keuangan dengan sejalan program-program Kementerian maupun program di lingkungan Pemerintah daerah,”terangnya.

    Siti pun berharap, dengan kepemimpinan Kepala OJK Tasikmalaya yang baru ini, dapat memberikan kemajuan industri jasa keuangan. Khususnya di Kota Tasikmalaya dan wilayah Priangan Timur semakin solid, tumbuh dan berkembang. Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi baik skala lokal, regional dan nasional.

    Pengukuhan Kepala Ojk Tasikmalaya yang baru yakni Melati Usman, menggantikan Irwan Muzhar (Plt.Kepala Ojk sebelumnya). Sebelum menjadi Kepala Ojk Tasikmalaya, ia terlebih dahulu bertugas di Kementerian Keuangan RI.

    (Seda/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img