spot_img
Rabu 19 Juni 2024
spot_img
More

    Bandung bjb Tandamata Buka Peluang ke Final Four Proliga 2024

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tim putri Bandung bjb Tandamata berhasil menuntaskan target dengan meraih dua kemenangan pada lanjutan Proliga 2024 putaran II seri V – Bandung di GOR Sabilulungan, komplek SOR si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

    Usai mengalahkan Jakarta Popsivo Polwan di laga perdana, Bandung bjb Tandamata membukukan kemenangan kedua atas Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Minggu (9/6/2024).

    Kemenangan atas Gresik Petrokimia harus ditebus Agustin Wulandhari dkk melalui laga ketat lima set. Anak asuh Alim Suseno ini berhasil menghentikan perlawanan skuad Risco Herlambang dengan skor 25 – 21, 17-25, 25-17, 19-25, dan 15-11.

    BACA JUGA:

    Jakarta Lavani Raih Tiket Final Four Proliga 2024 usai Tekuk Sukun Badak

    “Alhamdulillah kita kembali diberikan kemenangan kedua sekaligus menutup seri V ini sesuai target. Tapi dari sisi permainan, saya kurang puas dengan performa anak-anak,” kata pelatih Bandung bjb Tandamata, Alim Suseno usai laga, Minggu (9/6/2024).

    fokusjabar.id Bandung bjb Tandamata Proliga 2024
    Pemain Bandung bjb Tandamata, Syelomitha. (FOTO: Istimewa/PBVSI)

    Alim menambahkan, Agustin Wulandhari dkk masih banyak melakukan kesalahan sendiri yang tidak perlu terjadi. Termasuk komunikasi yang berjalan kurang baik diantara pemain di lapangan.

    “Mungkin anak-anak tegang dan lelah sehingga banyak kesalahan sepele yang seharusnya tidak terjadi. Apalagi kita bertindak sebagai tuan rumah yang secara tidak langsung berpengaruh pada mental anak-anak, ada rasa takut kalah,” kata dia.

    Alim mengaku, memperketat penjagaan pada dua pemain asing Gresik Petrokimia, Polina Rahimova dan Camilla Mingardi, menjadi salah satu kunci kemenangan timnya. Apalagi pada set penentuan dengan menempatkan dua bloker untuk mengatasi serangan kedua pemain asing tersebut.

    “Di set tiga dan empat, kita benar-benar kewalahan membendung serangan dua pemain asing itu. Di set kelima, kita ciba fokus ke mereka karena sangat riskan jika mengumpan ke posisi midle blocker apalagi dengan setter kedua mereka. Dan itu berhasil,” Alim menjelaskan.

    BACA JUGA:

    Cari Bibit Potensial, KM Jaya Gelar Turnamen Bola Voli

    Dua kemenangan pada seri V – Bandung, diraih anak asuh Alim Suseno dengan susah payah melalui laga ketat 5 set. Kondisi tersebut secara tidak langsung berpengaruh pada kondisi fisik Agustin Wulandhari dkk.

    “Lawan kita di seri V ini adalah lawan yang istimewa, Popsivo dan Petrokimia, namun anak-anak mampu menunjukan sikap militansi dan mental juang yang tinggi. Saat ini, fokus utama kita pada recovery kondisi fisik pemain karena laga berikutnya di Malang pun pasti bukan laga yang mudah yakni menghadapi Jakarta BIN. Intinya, kita akan berjuang keras neraih kemenangan di tiga laga sisa untuk bisa maju ke Final Four,” Alim menuturkan.

    fokusjabar.id Bandung bjb Tandamata Proliga 2024
    Laga antara Bandung bjb Tandamata versus Gresik Petrokimia. (FOTO: Istimewa/PBVSI)

    Syelomitha mengaku cukup tegang saat diturunkan bermain menggantikan Salsabilla. Apalagi, pertandingan kontra Gresik Petrokimia menjadi laga perdananya.

    “Sempat tegang, apalagi saat poin-poin kritis. Tapi berusaha main enjoy saja dan memperbaiki diri saat melakukan kesalahan, kakak-kakak di tim pun banyak membantu,” kata Syelomitha.

    Sementara pelatih Gresik Petrokimia Gresik, Risco Herlambang mengaku tim asuhannya kurang beruntung sehingga mengalami kekalahan kedua pada lanjutan Proliga 2024 seri V – Bandung.

    Kekalahan atas bjb Tandamata menjadi kekalahan kedua bagi timnya setelah di laga sebelumnya ditekuk Jakarta BIN dengan skor 3-1.

    Performa anak-anak Gresik sebenarnya tidak terlalu buruk meski sempat tertinggal di set pertama. Beberapa spike keras yang dilancarkan pemain asing bjb Tandamata Hanna Davyskiba maupun Vera Kastsiuchyk mampu dikembalikan dengan baik.

    Namun petaka terjadi pada pertengahan set keempat, setter utama Gresik Petrokimia Ajeng Nur Cahaya terpaksa harus ditandu keluar lapangan karena cedera.

    Ajeng mengalami cedera usai melakukan blok dan mendarat dengan menginjak kaki salah satu pemain bjb Tandamata.

    “Kita sebenarnya mampu mengimbangi tuan rumah, tapi kehilangan setter utama kita (Ajeng Nur Cahaya) memberikan pengaruh pada tim. Ajeng setidaknya bisa melakukan blok dibanding setter kedua kita Shinta Ainni,” kata Risco.

    BACA JUGA:

    Jakarta Popsivo Segel Satu Tiket Final Four Proliga 2024

    Hal senada diungkapkan midlle blocker Gresik Petrokimia, Shintia Allivia Mauludina. Pemain kelahiran 2003 yang berulangtahun pada hari ini (9/6) mengaku jika timnya kurang beruntung.

    “Kita sudah berusaha semaksimal mungkin di pertandingan. Apa yang dilatih sudah kita keluarkan. Mungkin belum rezekinya kita menang,” kata pemain yang akrab disapa Sinsin ini.

    Dengan kekalahan keduanya di seri V – Bandung, peluang Gresik Petrokimia melaju ke babak Final Four tertutup. Dari sembilan laga yang sudah dijalani, Gresik Petrokimia baru mendapatkan satu kali kemenangan dan delapan kali kalah.

    Sementara bjb Tandamata semakin membuka peluang lolos ke final four. Dengan tambahan 4 poin di seri V – Bandung mengoleksi nilai 14 hasil dari lima kali menang serta empat kali kekalahan dan berada di posisi keempat klasemen sementara Proliga 2024.

    Jumlah kemenangan bjb Tandamata, sama dengan Jakarta Pertamina Enduro yang berada di posisi ketiga. Namun Jakarta Pertamina Enduro memiliki poin 16 dari hasil lima kali kemenangan yang diraihnya.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img