spot_img
Senin 17 Juni 2024
spot_img
More

    Pipa PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya Rusak Akibat Longsor, Puluhan Ribu Pelanggan Terdampak

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Imbas longsornya tebing yang terjadi di wilayah Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, pipa Transmisi Utama Perusahaan Air Minum (PDAM) Tirta Sukapura Tasikmalaya terputus karena terbawa longsor.

    Longsor tersebut terjadi di Kampung Citerewes Desa Sukaharja Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat karena terus diguyur hujan deras, mengakibatkan 4 buah Pipa Transmisi berukuran besar, 250 m dan 300mm terputus hingga terbawa arus longsor. 

    Terputusnya Pipa Transmisi tersebut mengakibatkan, ribuan debit air milik PDAM Tirta Sukapura terbuang sia-sia, sehingga air berhenti mengalir ke puluhan ribu pelanggan setia PDAM Tirta Sukapura. 

    BACA JUGA: 30 Panwascam Dilantik, Bawaslu Kota Tasikmalaya Siap Awasi Tahapan Pilkada

    Kepala Bagian Perbaikan Layanan PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya Beni Kusmana mengatakan, saat ini perbaikan terus dilakukan, puluhan personil dan tenaga teknisi PDAM sudah diterjunkan untuk melakukan perbaikan dan penyambungan Pipa. 

    “Dari 4 buah Pipa Transmisi Utama yang rusak terputus, hari ini sudah 2 buah Pipa yang sudah tersambung, dan insyaallah besok mungkin semuanya pipa yang terputus sudah diperbaiki dan sudah tersambung kembali,” Kata Beni, Sabtu (25/5/24).

    Proses perbaikan dan penyambungan pipa jelas Beni, memerlukan waktu hanya dua hari, namun untuk proses normalisasi ke pelanggan membutuhkan waktu sekitar satu minggu kedepan. 

    Ia pun menjelaskan, Pipa yang rusak panjangnya mencapai 60 meter lebih, yang berukuran 300 mm yang biasa mengalirkan 150 liter air per detik ke pelanggan.

    “Akibat kerusakan ini, sekitar 33 ribu pelanggan yang tidak teraliri air bersih yang ada di wilayah Singaparna, Mangunreja, Sariwangi, Tasikmalaya Barat dan Timur, Cibeureum, Kawalu, Manonjaya dan Tamansari Kota Tasikmalaya,” ujarnya. 

    BACA JUGA: Polres Ciamis Bekuk Curanmor Asal Tasikmalaya

    Pihaknya pun meminta maaf kepada seluruh pelanggan PDAM yang terganggu akibat kerusakan pipa transmisi.

    “Kami minta maaf, ini merupakan musibah diluar kemampuan kami, mohon doanya dari semua agar proses perbaikan dan penyambungan Pipa berjalan lancar, dan secepatnya akan kembali normal,” kata dia.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img