spot_img
Rabu 19 Juni 2024
spot_img
More

    Lion Parcel Catat Peningkatan Tonase Pengiriman Lebih Dari 50 Persen Selama Ramadan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jasa ekspedisi terkemuka di Indonesia PT Lion Parcel ( Lion Express) mencatat peningkatan tonase pengiriman di Kota Bandung lebih dari 50 persen selama periode Ramadan 2024 dibandingkan tahun sebelumnya.

    Chief Operating Officer Lion Parcel Mohammad Fadli menyampaikan, peningkatan pengiriman dikarenakan tingginya belanja online untuk memenuhi kebutuhan puasa dan persiapan lebaran. komoditas dengan pengiriman terbanyak adalah produk Fesyen yang membuktikan produk lokal Bandung khususnya fashion banyak diminati masyarakat.

    “Kinerja positif Lion Parcel tidak terlepas dari tren belanja online yang selalu meningkat signifikan di momen Ramadan hingga menjelang Lebaran, termasuk di wilayah Bandung. Perilaku masyarakat yang semakin terbentuk mengandalkan teknologi turut mendorong pertumbuhan industri logistik sebagai enable transaksi online,”kata Fadli pada acara Media Luncheon bersama Lion Parcel di Tilu Kitchen and Patisserie, Jalan R.E.Martadinata, Kota Bandung Jabar Rabu, (22/5/2024).

    Menurutnya, setiap tahun Lion Parcel selalu mempersiapkan berbagai antisipasi dan persiapan menghadapi peak season di bulan Ramadan terutama dari sisi operasional.

    “Kami bersyukur antusiasme belanja online dari masyarakat di bulan Ramadan turut memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan bisnis Lion Parcel,”ucapnya.

    Baca Juga: JD.ID Sosialisasi Cara Cerdas Belanja Online

    Fadli mengungkapkan, dari sisi operasional, Lion Parcel telah menempati mega hub sebagai infrastruktur baru yang dapat mendukung alur distribusi barang menjadi lebih cepat dan efisien.

    Tak hanya itu, penambahan armada juga dilakukan di beberapa kota termasuk Kota Bandung guna mengantisipasi lonjakan pengiriman agar tetap memberikan layanan pengiriman yang tepat waktu bagi pelanggan.

    Dengan strategi dan persiapan yang dilakukan, Lion Parcel berhasil tetap memberikan layanan yang baik bagi pelanggan di momen peak season, terbukti dapat menjaga tingkat Service Level Agreement (SLA) di atas 96 persen.

    “Sebelum memasuki bulan Ramadan, kami menyusun strategi dengan melakukan analisis dan mempelajari tren pengiriman Ramadan tahun-tahun sebelumnya agar persiapan operasional menjadi lebih matang seperti penambahan kapasitas gudang, armada, dan alokasi manpower secara efisien. Di Bandung sendiri, seiring dengan meningkatnya transaksi, kita ada penambahan manpower dan armada sehingga pemrosesan paket menjadi lebih cepat dan pengiriman kepada pelanggan tetap tepat waktu di momen peak season,”ungkapnya.

    Selain itu, Lion Parcel juga melakukan evaluasi secara rutin untuk mengantisipasi adanya over load. Dengan persiapan yang matang terutama dari sisi operasional, Lion Parcel berhasil mencatatkan pertumbuhan positif di wilayah Bandung.

    “Kedepannya, kota Bandung akan terus menjadi fokus Lion Parcel untuk dikembangkan seperti perluasan jaringan dan aksesibilitas layanan serta penguatan infrastruktur,”katanya.

    Pada kesempatan yang sama, Chief Marketing Officer Lion Parcel Kenny Kwanto menambahkan, selain dari kesiapan operasional, Lion Parcel juga meluncurkan metode pembayaran COD Ongkir yang memungkinkan pelanggan membayar ongkos kirim saat menerima barang.

    “Hadirnya COD Ongkir diharapkan dapat membantu para seller untuk fokus pada penjualan produk dan perkembangan bisnisnya, karena Lion Parcel yang akan membantu urusan logistik secara menyeluruh hingga paket diterima oleh pembeli. Sejak diluncurkan, layanan ini telah mendapat respon positif dari pelanggan dan penggunanya terus meningkat setiap bulan,” jelas Kenny.

    Kenny menyebut, kebutuhan pengiriman barang di luar transaksi belanja online juga bisa menggunakan COD Ongkir dan memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengirim apabila biaya ongkos kirim sepenuhnya ditanggung oleh penerima sesuai kesepakatan.

    COD Ongkir Lion Parcel juga dapat dibayar menggunakan QRIS untuk seluruh e-wallet dan bank. Berbeda dari yang lain, pembayaran COD Ongkir Lion Parcel menggunakan QRIS tanpa dikenakan biaya tambahan.

    “Strategi dan inovasi yang dilakukan Lion Parcel terutama di momen peak season baik dari sisi operasional maupun program untuk pelanggan, merupakan komitmen kami untuk menghadirkan layanan pengiriman yang lebih baik bagi pelanggan. Dengan infrastruktur yang mumpuni dan program yang relevan dengan target market, Lion Parcel optimis dapat menjadi partner logistik yang tepat bagi masyarakat,”jelasnya.

    (Yusuf Mugni)

    Berita Terbaru

    spot_img