spot_img
Rabu 19 Juni 2024
spot_img
More

    Bappeda Jabar Dukung Kota Tasikmalaya jadi Pusat Kegiatan Ekonomi di Priangan Timur

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat (Jabar) menaruh harapan besar terhadap wilayah Kota Tasikmalaya agar terus maju dan berkembang.

    Sehingga mampu berkontribusi dalam kemajuan pertumbuhan perekonomian di wilayah Jabar.

    BACA JUGA:

    Kejuaraan TSC 2024 Cetak Atlet Taekwondo Berprestasi

    Kepala Bappeda Jabar, Iendra Sofyan mengatakan, Kota Tasikmalaya menjadi episentrum untuk daerah yang ada di wilayah Priangan Timur. Pasalnya memiliki infrastruktur yang memadai, sejumlah potensi dan simpul-simpul aktivitas ekonomi.

    “Kota Tasikmalaya memiliki potensi seperti Bandara, Stasiun Kereta Api, Hotel Berbintang dan ribuan jenis kuliner. Termasuk nanti akan dilintasi jalan tol baru. Ini menjadi simpul aktivitas ekonomi masyarakat,” ungkap Iendra Sofyan saat Musrenbang RPJPD Kota Tasikmalaya 2025-2045, Senin (20/5/2024).

    Iendra Sofyan menuturkan, secara kewilayahan Kota Tasikmalaya sangat layak menjadi daerah Pusat Kegiatan Wilayah (PKW) di Priangan Timur.

    “Kalau dari sekarang mulai dioptimalkan, Saya menyakini 10 atau 20 tahun ke depan Kota Tasikmalaya akan menjadi daerah termaju di Priangan Timur dan menjadi pusat kegiatan ekonomi yang maju. Sehingga menjadi daerah penopang kemajuan di wilayah Jawa Barat,” imbuhnya.

    “Kita tentu mendorong sepenuhnya daerah Kota Tasikmalaya terus berkembang. Sehingga menjadi pusat kegiatan dan episentrum bagi daerah lainnya di Priangan Timur,” Dia menambahkan.

    Menurutnya, Kota Tasikmalaya kalau dilihat secara pertumbuhan ekonomi dan peningkatan pendapatan per kapita sudah tumbuh cukup baik dan menggembirakan.

    BACA JUGA:

    Film Burung Surga Syuting di Garut Selatan dan Kota Tasik

    Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah mengungkapkan, 20 tahun ke depan wilayahnya akan mengalami perubahan besar dan lebih baik.

    “Saya sangat yakin dan optimis, daerah ini akan mampu berkembang dan setara dengan Kota Bandung, Depok. Pasalnya, Kota Tasikmalaya memiliki geoposisi yang sangat strategis,” ungkapnya.

    Ia menuturkan, semua potensi yang dimiliki harus dimaksimalkan agar memberikan manfaat yang lebih secara ekonomi untuk masyarakat.

    “Kota Tasikmalaya ini akan menjadi seperti Kota Singapura yang terkaya di Asia. Karena menjadi daerah aktivitas bisnis dan ekonomi di wilayah Priangan Timur,” tutup Cheka.

    (Seda/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img