spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Rumah Warga di Rawa Ciamis Terancam Ambruk Pemiliknya Diungsikan

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Rumah milik Anah warga Dusun Rawa II Desa Rawa Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis Jawa Barat terancam ambruk. Karena tembok pondasi rumahnya ambrol akibat tergerus saluran air yang ada di pinggirnya.

    Menurut Kepala Badan Penanggulangan  Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis Ani Supiani, kejadian ambrolnya tembok pondasi rumah warga di daerah Desa Rawa tersebut setelah hujan  deras mengguyur wilayah itu sejak sore sampai malam hari secara terus menerus.

    ” Kejadian ambrolnya tembok pondasi rumah milik Ibu Anah tadi malam,”katanya. Jumat (10/5/2024)

    Ani menuturkan, posisi tembok pondasi rumah milik warga memang sangat berdekatan dengan aliran air atau sungai kecil. Sehingga saat hujan deras air melimpah tidak bisa ditampung oleh sungai yang kecil itu.

    ” Saat debit air bertambah tidak tertampung hingga menggerus tembok pondasi,”ucapnya.

    Ani mengatakan, pasca kejadian tersebut warga setempat langsung berusaha membersihkan material tembok yang ambrol agar tidak menyumbat saluran air itu.

    ” Saat ini warga sedang bergotongroyong menyingkirkan material tembok  agar saluran air tidak terganggu,”jelasnya.

    Ani melanjutkan, karena saat ini masih sering terjadi hujan deras dan aliran air mengikis tembok pondasi rumah. Maka penghuni rumah terpaksa mengungsi ke rumah tetangganya yang aman.

    ” Menjaga hal hal yang tidak kita harapkan penghuni rumah terpaksa mengungsi ke rumah tetangganya yang lokasinya aman,”ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img