spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Pilkada 2024, PDI-P, Gerindra dan Demokrat Ciamis Sepakat untuk Kemenangan Rakyat

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ciamis berkunjung ke Kantor DPC Partai Demokrat Ciamis, Rabu (24/4/2024).

    Kunjungan tersebut merupakan langkah politik kedua partai jelang Pilkada 2024. Yang akan diselenggarakan pada 27 November 2024.

    Saat ini PDIP Ciamis memiliki tujuh kursi di DPRD Ciamis, sementara Demokrat enam kursi. Sebelumnya Demokrat telah lebih dahulu melakukan Roadshow politik dengan melakukan komunikasi bersama DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) lima Kursi DPRD dan DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) lima kursi DPRD. Tambah kemungkinan merapatnya DPC Gerindra Ciamis dengan enam Kursi di DPRD.

    Ketua DPC PDIP Ciamis Nanang Permana mengatakan, politik merupakan seni merangkai potensi manusia. Merangkai momentum untuk membangun masyarakat.

    BACA JUGA: Nanang Permana Siap Jadi Penangtang Herdiat Sunarya di Pilkada 2024

    “Politik merupakan seni merangkai potensi menuju hasil yang dapat memenangkan rakyat. Bukan memenangkan Partai, karena jika bukan untuk rakyat akan ada ego,” ucap Nanang.

    Nanang menegaskan, hari ini di Ciamis sudah tidak ada petahana atau incumbent. Alur komunikasi berjalan dari titik awal untuk menentukan Calon Pemimpin terbaik untuk Ciamis.

    Sementara itu Ketua DPC Demokrat Ciamis Anjar Asmara menyampaikan, Ciamis ini mengalami kebisuan. Yang muncul menghangatkan kontestasi politik demokrasi hanya itu-itu saja.

    “Jika memiliki kesamaan tidak ada yang tidak mungkin untuk berkoalisi. Saya tidak mengunci dan egois. Demi kemenangan politik mari kita membangun koalisi untuk menentukan sosok yang akan kita dukung untuk memimpin Ciamis. Kalau untuk kemenangan rakyat saya setuju,” tegas Anjar.

    Pilkada Ciamis Paling Sepi Se Dunia

    Bendahara DPC PDIP Ciamis Oih Burhanudin menyebut Pilkada di Ciamis paling sepi se Dunia. Pertemuan ini terlaksana agar masyarakat dapat melihat Ciamis ini tidak diam-diam saja.

    “Kader politik harus jadi pemimpin, Pilpres sudah selesai, jelang Pilkada semua kembali merajut komunikasi untuk kepentingan rakyat,” ucap Oih.

    Oih menjelaskan, PDIP Ciamis sangat terbuka untuk berkoalisi dengan partai apapun. Semua kemungkinan dapat terjadi melalui komunikasi lintas partai yang pro aktif.

    Sementara itu, Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat Sopwan Ismail yang ikut hadir dalam pertemuan menyambut baik silaturahmi PDIP Ciamis ke Demokrat.

    “Kalau ditanya apakah Demokrat bisa berkoalisi dengan PDI Perjuangan, saya yakin bisa. Karena kita sudah memulai hubungan dengan baik,” katanya.

    Roadshow Pilkada 2024, Demokrat Ciamis Lanjut Bertandang ke Kantor DPC Gerindra Ciamis.

    Setelah menerima kedatangan rombongan kader elite PDIP Ciamis, Demokrat bertandang ke Kantor DPC Parta Gerindra.

    Pada kesempatan Roadshow tersebut, komunikasi berlangsung santai hangat, penuh kritik namun sejuk.

    Ketua DPC Gerindra Ciamis Pipin Arip Apilin menyambut baik kehadiran Kader Demokrat Ciamis.

    “Tentunya kita berharap koalisi pada Pilpres terjadi kembali di Ciamis. Antara Gerindra dan Demokrat di Ciamis untuk Pilkada 2024,” ucap Pipin.

    Terkait Bakal Calon Bupati dari Gerindra, Pipin mengaku pihaknya baru menerima instruksi hari ini. Tentunya akan diutamakan dari Kader Gerindra Ciamis.

    Pipin menyinggung kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati yang baru saja berhenti. Ada beberapa miskomunikasi yang terjadi, ketika Partai Gerindra selalu disebut oleh Herdiat Sunarya untuk Pilkada 2024.

    “Meski sering bertemu namun, Saya belum ada komunikasi apapun dengan pa Herdiat terkait Pilkada 2024,” jelasnya.

    Pipin menambahkan, pihaknya masih menunggu silaturahmi dari mantan Kepala Daerah Ciamis. Sebagai bentuk etika laporan progres kinerjanya dalam membangun Ciamis kepada para partai pengusung.

    “Tentunya sebagai bahan pertimbangan jika beliau ingin maju kembali menjadi Kepala Daerah,” pungkasnya.

    BACA JUGA: Roadshow Politik, Ketua PKS Ciamis Sebut Demokrat Atraktif Jelang Pilkada 2024

    Menyikapi fenomena politik jelang Pilkada 2024 tersebut, Ketua Dukungan Elemen Satuan Kerja (DESK) Pilkada 2024 DPC Partai PKB Ciamis Imam Dana Kurnia menyambut baik komunikasi positif ke 5 Partai.

    Dengan bermodal 5 kursi di DPRD Ciamis, Imam mengatakan PKB masih berproses dalam berkomunikasi. Saling mengenal untuk menyamakan persepsi dalam membangun Ciamis lebih baik.

    “Untuk sosok pemimpin masa depan Ciamis, PKB memiliki sosok ulama pendiri PKB Ciamis. Yakni Arif Ismail Chowas sebagai kader terbaik PKB yang juga Ketua PC NU Ciamis,” ucapnya.

    Mengenai Koalisi Kemenangan Untuk Rakyat, Imam mengungkapkan hal itu baik. Mengingat untuk menjalankan proses demokrasi harus memenangkan hati rakyat. Kemudian mencapai kemenangan bersama rakyat.

    Senada dengan Imam, Sekretaris DPD PKS Ciamis Ade Amran menanggapi positif komunikasi antar partai politik di Ciamis.

    “Fenomena jelang Pilkada ini sebagai dinamika yang baik dalam proses pencalonan untuk pemimpin masa depan,” pungkasnya.

    Berita Terbaru

    spot_img