spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Forum Anak Kota Tasikmalaya Harus Bisa Membendung Efek Negatif Generasi Muda

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Plt.Kepala DPPKBP3A Kota Tasikmalaya Yani Nurjamaniah mengungkapkan, tantangan diera globalisasi digital saat ini semakin kuat dan nyata sehingga perlu wadah dan komunikasi untuk dapat menyaring dan memilah sisi-sisi positif dari sejumlah hal negatifnya.

    “Forum anak ini, diharapkan dapat menjadi wadah dan media dalam membangun komunikasi dan kemandirian generasi muda untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman sehingga tidak gampang terpengaruh dengan informasi maupun hal-hal negatif yang dapat menjerumuskan ke tindakan dan perbuatan tercela,” kata Yani saat pelantikan Forum Anak Daerah (FAD), Rabu (24/04/24).

    Ia menjelaskan, saat ini, bukan hanya lingkungan sekitar yang mempengaruhi perilaku generasi muda, tapi lingkungan perkembangan dunia digital juga dominan mempengaruhi kejiwaan anak muda.

    BACA JUGA: Satpam Kesbangpol Kota Tasikmalaya di Temukan Tewas di Kantor

    “Sering kita saksikan, anak-anak usia pelajar saat ini, banyak yang berperilaku menyimpang seperti mabuk-mabukan, geng motor, narkoba sampai pergaulan bebas atau seks bebas, itu karena dipengaruhi media digital dan medsos lainnya,” ujarnya

    Ia berharap, forum anak Kota Tasikmalaya, mampu membangun kepercayaan anak-anak generasi muda, melatih kemandirian dalam mengatasi dan memecahkan problem yang dihadapi secara rasional, positif dan bermoral.

    Sementara Ketua FAD Kota Tasikmalaya Mohammed Isra Rafsanjani yang baru dilantik mengungkapkan, akan membangun komunikasi bagi seluruh pengurus dan anggota untuk mewujudkan forum yang mampu mewadahi dan mengatasi sejumlah permasalahan yang sedang dihadapi para anggotanya.

    “Kedepan, sejumlah program-program yang akan dilakukan untuk memperkuat kelembagaan forum anak demi membangun kemandirian dan membentuk generasi muda yang berkarakter religius dan berakhlak mulia,” kata dia.

    Menurut ia, membangun kekuatan pikiran dan terus berpikir positif dalam setiap menyikapi permasalahan yang ada, tentu ini akan membentengi diri dari pengaruh-pengaruh negatif. 

    “Pengurus dan anggota forum anak Kota Tasikmalaya untuk periode 2024-2026 mendatang, program kegiatannya harus berjalan agar mampu memberikan dampak positif bagi kemajuan dan perkembangan pemenuhan hak dan perlindungan hak-hak anak dan sekitarnya,” kata dia.

    BACA JUGA: Kota Tasikmalaya Raih Penghargaan Terbaik PPD Jabar 2024

    Ia mengaku, akan melakukan sejumlah kegiatan kedepan untuk mewujudkan generasi yang berjiwa mandiri dan berdaya saing untuk menyongsong Indonesia emas 20245.

    “Kami bersama seluruh pengurus dan anggota forum anak Kota Tasikmalaya, akan memberikan karya dan menjadi pelopor untuk mewujudkan Kota Tasikmalaya layak anak sehingga Tasikmalaya menjadi ramah bagi semua generasi, tentu mendorong mewujudkan generasi emas 2045 mendatang,” kata dia.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img