spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Arus Balik Mudik Lebatan, Disdukcapil Kota Bandung Jaring Pendatang di Terminal Cicaheum

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung melakukan penjaringan terhadap pendatang yang turun melalui Terminal Cicaheum.

    Hal itu dilakukan untuk memastikan kelengkapan dokumen identitas penduduk serta tujuan  warga luar daerah yang datang ke Kota Bandung

    “Ini kegiatan himbauan simpatik, pasca lebaran. Ini mendata penduduk non permanen sebagai dasar untuk kita mengelola, perencanaan pembangunan di Kota Bandung,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan pada Disdukcapil Kota Bandung, Muhammad Arif Budiman di Terminal Cicaheum Kota Bandung Jabar Selasa (16/4/2023).

    Arif menyebut, Kota Bandung kerap menjadi tujuan favorit warga luar daerah baik untuk keperluan pendidikan maupun mengadu nasib.

    “Bandung ini kota besar, pasti jadi tujuan baik untuk pendidikan maupun pekerjaan. Dan kita harus mendata itu,”ucapnya.

    Arif mengungkapkan, ada tiga titik penjaringan pendatang yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Bandung. Mulai dari Terminal Cicaheum, Stasiun Kiaracondong, dan Terminal Leuwipanjang.

    Mereka akan diminta untuk menunjukkan kartu identitas berupa KTP. Kemudian mengisi formulir yang telah tersedia dari petugasi.

    Sejauh ini sudah ada lebih dari 100 pendatang. Yang telah terjaring dalam Himbauan Simpatik Sadar Adminduk pasca Idul Fitri 1444 Hijriah di Kota Bandung.

    “Dan nanti secara keseluruhan akan ada tindaklanjut. Pada tingkat kewilayahan untuk memastikan data non permanen untuk perencanaan Pembangunan. Mereka kan pasti butuh air bersih, tentunya kita harus siapkan, pengangkutan sampahnya, dan lain-lain,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img