spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Wakil Ketua DPD Demokrat Jabar: Pilkada Ciamis Banyak Menyedot Perhatian

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Setelah penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2024, masyarakat masih dalam euforia demokrasi penuh pengharapan jelang Pilkada pada 27 November 2024 mendatang.

    Penantian pemilihan Kepala Daerah menjadi agenda perubahan besar yang dinanti masyarakat untuk menggantungkan harapan pembangunan ke arah yang lebih baik melalui proses Demokrasi yang baik. Salahsatu Daerah yang akan menggelar Pilkada pada 27 November 2024 yakni Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

    Pilkada seharusnya menjadi ajang pemilihan kepala Daerah yang sehat. Melalui munculnya tokoh-tokoh terbaik yang didorong oleh masyarakat untuk mencurahkan visi dan misi terbaiknya. Menyusul mulai menguatnya geliat pergerakan komunikasi lintas Partai Politik untuk membangun kualisi.

    BACA JUGA: 9 Tradisi Lebaran yang Terjaga Kelestariannya

    Menyikapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ciamis yang juga Wakil Ketua I DPD Demokrat Jawa Barat Sopwan Ismail bersua. Menurutnya Pilkada di Ciamis tidak banyak menyedot perhatian karena tidak munculnya kandidat calon penantang di tengah kuatnya posisi elektabilitas Herdiat Sunarya sebagai Bupati Incumbent.

    “Sejumlah berita pembukaan penjaringan Calon Bupati dan deklarasi calon bupati dari Partai Politik sudah mulai menghiasi media,” ungkap Sopwan, Selasa (9/4/2024).

    DPC Demokrat Ciamis telah memerawani tahapan proses pendaftaran bakal Calon Bupati/Wakil Bupati untuk Pilkada 2024, disusul PDI Perjuangan.

    Sopwan menyebut langkah Demokrat Ciamis sudah tepat. Dengan melakukan penjaringan baik internal maupun terbuka merupakan sebuah kewajiban dalam kacamata politik.

    “Hal ini sudah menjadi kewajiban untuk memastikan kandidat Calon Bupati yang ideal sesuai kriteria yang dibangun masing-masing Parpol,” jelasnya.

    Sopwan menegaskan, melihat waktu yang sudah mendekati proses tahapan, penjaringan bakal calon pemimpin daerah sudah on the track. Untuk Ciamis sendiri ada beberapa sosok yang memiliki peluang untuk mencalonkan diri sebagai pemimpin daerah.

    Tokoh Bakal Calon Pemimpin Paling Berpeluang Untuk Pilkada Ciamis Tahun 2024

    Incumbent hampir selalu memiliki peluang paling besar untuk maju lagi sebagai calon Bupati. Apalagi sudah secara eksplisit menyatakan kesediaan, terlepas tetap menjadi pasangan calon atau maju sebagai pesaing.

    Herdiat dan Yana D Putra hampir pasti maju di perhelatan Pilkada Ciamis mendatang. Selain dua nama ini, deretan nama Ketua Parpol 4 besar hasil Pemilu 2024 memiliki kesempatan cukup besar untuk turut serta dalam kontestasi Pilkada Ciamis.

    Ada sosok Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana yang juga Ketua Parpol pemenang di Kabupaten Ciamis hasil pemilu 2024. Dia memiliki peluang besar untuk dicalonkan dan mencalonkan diri sebagai kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati.

    Kemudian Yana D Putra, Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga incumbent Wakil Bupati Ciamis. Kemudian Pipin Arip Apilin sebagai Ketua Gerindra Ciamis yang juga Wakil Ketua DPRD Ciamis 2019-2024.

    Lalu ada sosok Ketua DPC Partai Demokrat Anjar Asmara, yang memiliki kans besar dicalonkan untuk Pilkada 2024. Mengingat pada Pilkada sebelumnya sempat bersaing mendapatkan perahu untuk maju pada Pilkada Tahun 2018. Pada waktu itu hasil survei selalu menempatkan Anjar Asmara di urutan 4 besar Calon Bupati Ciamis.

    Sopwan menuturkan, melalui hasil rapat internal Partai Demokrat, kader Demokrat Ciamis sepakat mendorong Anjar Asmara menjadi satu-satunya nama yang maju di Pilkada 2024 dari Partai Demokrat.

    Sementara menyusul sosok Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati dari Partai PKS Didi Sukardi, yang juga sebagai Anggota DPRD Jabar selama 3 Periode. Menysusl nama Dede Herli yang hari ini sebagai pimpinan DPRD Ciamis dari partai yang sama.

    BACA JUGA: Pilkada 2024! Ini yang Dibutuhkan Golkar, Demokrat dan PAN

    “Beberapa nama yang mencuat dan juga memiliki potensi kuat untuk maju dalam kontestasi politik di Ciamis ini adalah H. Asep Maoshul Affandy dari Partai PPP. Kemudian ada sosok politisi senior Agun Gunandjar Sudarsa dari Partai Golkar, dan sosok Peppy Tommy S dari Partai Nasdem,” kata Sopwan.

    Tokoh Agama dan Birokrat

    Selain sosok dari Partai Politik, deretan nama yang potensial dapat maju dari tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, yakni ada K.H. Nonop Hanafi dan Roni Karno, dari tokoh pengusaha.

    “Menyambut Pilkada 2024 ini Ciamis kekurangan sosok tokoh dari kalangan Birokrat. Hanya ada satu nama yang mulai menjadi perbincangan publik yakni Kepala Dinas PRKPLH Ciamis Taufik Gumelar. Beliau merupakan tokoh muda dan dikenal sangat dekat dengan Bupati Ciamis,” jelas Sopwan.

    Sopwan menerangkan, sebelumnya dari birokrat ada nama sosok mantan Sekda Ciamis Tatang yang sempat muncul sebagai kandidat yang potensial maju di Pilkada Ciamis. Namun Tatang yang baru purna tugas sebagai ASN telah menegaskan untuk tidak terjun di politik.

    Calon Kuat dari Akademisi dan Aktivis

    Untuk sosok Calon Pemimpin Daerah dari kalangan akademisi Ciamis memiliki nama yang berpeluang. Ada nama K.H. Fadlil Yani Ainusyamsi (Kang Icep), beliau juga merupakan tokoh Agama dari Pesantren Darussalam Ciamis.

    Selanjutnya ada sosok Ketua PCNU Kabupaten Ciamis KH Arif Ismail Chowas yang memiliki peluang yang sama menjadi Pemimpin Ciamis.

    Kemudian akademisi dan pemerhati politik dari Universitas Galuh (Unigal) Aan Anwar Sihabudin.

    Sementara itu dari kalangan aktivis, akademisi, dan pegiat sosial ada nama Endin Lidinillah dan Dafid Firdaus.

    Peluang calon independen pun memiliki kans untuk maju dalam Pilkada Ciamis. Mengingat, sebelumnya di Pilkada Ciamis pernah diikuti calon independen.

    “Melihat dari sisi potensi, kalangan tokoh agama, akademisi akan menjadi penantang serius. Peluangnya pun sama besar untuk maju dari jalur independen,” pungkas Sopwan Ismail.

    (Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img