spot_img
Selasa 28 Mei 2024
spot_img
More

    THR Tanggung Jawab Perusahaan Pers, Dewan Pers Larang Wartawan Minta ke Pejabat

    FOKUSJabar.id: Sikap tegas Dewan Pers menjelang hari raya Idulfitri 1445 H secara resmi menerbitkan surat edaran Nomor: 346/DP/K/III/2024 yang kembali menegaskan bahwa wartawan dilarang meminta Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pejabat.

    Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu melalui siaran pers pada (1/4/2024) mengatakan bahwa larangan wartawan meminta THR ke pejabat tersebut untuk mencegah penyalahgunaan profesi wartawan dan penipuan oleh oknum-oknum yang mengaku wartawan.

    BACA JUGA: Bantu Tingkatkan Pemasaran UMKM, BEY Luncurkan Platform Hampers Bandung

    Melalui siaran pers tersebu Ninik mengimbau agar semua pihak termasuk instansi pemerintahan tidak memberikan THR, permintaan barang, atau sumbangan yang diajukan dengan mengatasnamakan media.

    “langkah ini diambil karena wartawan itu harus punya integritas profesi serta untuk mendukung upaya pemberantasan praktek korupsi, kolusi dan nepotisme,” kata dia.

    Adapun jika ada oknum wartawan yang kedapatan meminta dengan cara memaksa, memeras hingga mengancam maka korban bisa mencatat identitas, nomor telpon serta alamat untuk kemudian dilaporkan kepada pihak berwenang.

    BACA JUGA: Jelang Pilkada 2024, 61 Tokoh Daftar Bacalon Bupati dan Wali Kota Ke Golkar

    Ninik mengungkapkan bahwa pemberian THR kepada wartawan merupakan tanggungjawab dari perusahaan pers, jika terdapat wartawan dari perusahaan pers yang meminta THR kepada instansi pemerintah dan swasta perusahaan harus segera menolaknya.

    “Ini merupakan sikap moral dan etika profesi dalam menjaga kepercayaan publik serta menegakkan nilai dan profesional seorang wartawan,” ucapnya.

    Oleh karena itu, Ninik menegaskan bahwa Dewan Pers tidak akan mentolerir dan tidak ada kompromi praktek buruk wartawan, perusahaan pers serta organisasi wartawan yang meminta THR.

    “Wartawan harus bisa menjaga kepercayaan masyarakat terhadap media, kami berharap dengan langkah ini bisa menciptakan lingkungan yang lebih baik lagi bagi profesi wartawan,” jelasnya.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img