spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Jelang Mudik Lebaran, Pemkot Bandung Gelar Uji Kelaikan Bis di Terminal Cicaheum

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono bersama jajaran dari kepolisian dan dinas perhubungan (Dishub) lakukan cek inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan atau ramp check armada bus yang akan digunakan untuk angkutan mudik Lebaran 2024 di Terminal Cicaheum Kota Bandung Jabar Rabu (3/4/2024).

    “Saya beserta jajaran melakukan cek kesiapan mudik lebaran. Jadi tercatat oleh kita lebih kurang sekitar 700 bus yang nanti akan melakukan operasi bawa para pemudik keluar maupun masuk ke Kota Bandung,” kata Bambang di lokasi.

    BACA JUGA: Pemkot Bandung Pastikan Stok Ketersediaan Pangan Aman Jelang Idhul Fitri

    Bambang menuturkan, selama mudik lebaran Dishub Kota Bandung bakal melalukan inspeksi keselamatan atau ramp cek secara berkala.

    “Mulai hari ini dan sampai dengan tanggal 14 April yang akan datang kita lakukan ramp check. Jadi kelaikan kendaraan bus dan juga kelaikan operasional surat-suratnya itu kita lakukan uji. Ini masif di semua terminal secara nasional termasuk di terminal Cicaheum,”katanya.

    Pengecekan secara berkala tersebut menurutnya, untuk mengantisipasi adanya bus-bus tak laik jalan dan operasional yang tetap beroperasi untuk angkutan lebaran.

    BAC JUGA: Pemkot Bandung Cek Tera SPBU di Jalur Mudik

    “Sampai dengan sekarang ini belum ada laporan ke saya yang menyatakan bahwa kendaraan itu tidak layak begitu ya. Kita ingin meminimalisasi resiko itu semua.

    Jadi yang memang tidak layak untuk jalan itu tidak akan kita izinkan untuk dia beroperasi. Poin yang pertama itu,” jelasnya.

    Selain itu, pihaknya juga akan menurunkan petugas kesehatan untuk melakukan tes urin terhadap pengemudi, pengecekan tersebut bakal dimulai secara masif untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

    “Jadi mudah-mudahan upaya-upaya kita semua ini untuk lebih membuat kenyamanan dan keamanan para pemudi ini bisa kita mitigasi dan juga bisa kita jaga petugas kesehatan yang saya maksud itu dia bertugas mulai dari hari ini,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img