spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    KPU Garut Segera Umumkan Hasil Rekapitulasi Pemilu 2024

    GARUT,FOKUSJabar.id: KPU Garut Jawa Barat (Jabar) telah menyelesaikan proses rekapitulasi Pemilu 2024 selama empat hari bertempat di Ballroom Hotel Harmoni, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler.

    Setelah melalui proses pencermatan, pencocokan dan penelitian, Rabu (6/3/2024) pagi dilakukan penandatangan.

    Ketua KPU Garut, Dian Hasanudin mengatakan, hasil rekapitulasi akan diumumkan langsung oleh pihaknya.

    BACA JUGA:

    Fraksi Demokrat Minta Pemda Garut Serius Tanggapi Tuntutan Fagar

    Dian berharap, seluruh pihak dapat menghormati hasil proses tersebut.

    “Alhamdulillah dari awal sampai akhir secara umum prosesnya berjalan dengan lancar,” kata Dian.

    KPU Garut fokusjabar.id

    “Meski ada beberapa saksi yang tidak ikut menandatangani, namun secara rinci mereka mengikuti sampai akhir,” Dian Hasanudin menambahkan.

    Menurutnya, hasil rekapitulasi akan segera dilaporkan ke KPU Jabar sebagai langkah terakhir sebelum rekapitulasi tingkat provinsi.

    Beberapa hasil rekapitulasi yang sebelumnya ditangguhkan telah diselesaikan melalui proses pencermatan, pencocokan dan penelitian.

    “Soal dinamika yang terjadi (Kecamatan Cibatu), Alhamdulillah bisa diselesaikan meski ada keberatan dari saksi,” ungkapnya.

    Dian menyebut, meski terdapat beberapa masalah teknis terkait aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Seperti jumlah pemilih perempuan dan laki-laki, secara umum proses rekapitulasi berjalan lancar.

    BACA JUGA:

    BEM ITG Sebut Pj Bupati Garut Pobia Mahasiswa

    Pihaknya bersyukur proses Pemilu di Kabupaten Garut berjalan lancar tanpa adanya Pemungutan Suara Ulang (PSU).

    “Mudah-mudahan nanti di Pilkada persiapan kita bisa lebih matang dan setiap kejadian ataupun temuan-temuan yang hari ini terjadi bisa jadi bahan evaluasi  sekaligus dijadikan bahan perbaikan ke depan,” pungkasnya.

    Sebagai informasi, proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 berjalan maraton selama empat hari hingga larut malam sejak 1-4 Maret. Disiarkan 24 jam secara langsung melalui kanal resmi YouTube KPU Garut bekerja sama dengan Pemkab .

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img