spot_img
Jumat 24 Mei 2024
spot_img
More

    Kabupaten Ciamis Raih Anugerah Adipura Kencana 2024, Herdiat: Pertahankan!

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kabupaten Ciamis berhasil meraih Anugerah Adipura Kencana tahun 2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada hari ini Selasa, (5/3/2024).

    Anugerah tersebut merupakan hasil kerja keras Pemerintah Kabupaten Ciamis. Juga keterlibatan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

    Kemudian juga peran penting pasukan ungu yang merupakan petugas kebersihan dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH).

    Prestasi tersebut juga merupakan buah dari sinergi komunikasi dan kolaborasi antar OPD. Terutama elemen masyarakat.

    Hal itu dapat menciptakan pola perilaku masyarakat yang perduli terhadap kebersihan.

    Seremoni penyerahan penghargaan Anugerah Adipura Kencana berlangsung di Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Jakarta, Selasa (5/3/2024). Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menerima langsung Anugerah tersebut dari Presiden RI Joko Widodo yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

    Ini merupakan penghargaan tertinggi untuk Kabupaten/Kota yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang inovatif dan berkelanjutan. Selain itu juga dapat mengatasi tantangan lingkungan. Seperti pengelolaan sampah, pengendalian polusi, dan pengembangan ruang terbuka hijau (RTH). Namun juga menjadi pusat inovasi dalam pengelolaan sampah dan RTH.

    Kemudian juga dapat mengimplementasikan sistem pengendalian dampak perubahan iklim. Juga dapat memanfaatkan energi terbarukan, dan mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial melalui pendekatan berbasis lingkungan dan sumber daya alam.

    Herdiat mengaku penghargaan ini wajar, mengingat kerja keras dari semua pihak.

    “Saya hanya mewakili di sini. Sebetulnya yang lebih berhak menerima penghargaan ini adalah masyarakat Kabupaten Ciamis. Terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya atas partisipasi dan dukungan semua pihak dalam mewujudkan Kabupaten Ciamis yang bersih, sehat dan bernilai” ucapnya.

    Herdiat juga mengajak masyarakat terus mempertahankan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS). Awali dari diri dan lingkungan terdekar sendiri untuk mewujudkan kebersihan.

    (Prokopim Setda Ciamis/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img