spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    BJBPreneur On Campus: Bank BJB dan UNPAR Dukung UMKM Berkelanjutan melalui Riset Pasar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Melalui seminar luring on Campus BJBPreneur ajak ratusan peserta mengupas tuntas permasalahan pasar melalui riset demi menciptakan bisnis berkelanjutan.

    Kolaborasi antara Bank BJB bersama Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) dalam seminar bertajuk “Riset Pasar: Berdayakan Lokal, Bisnis Mengglobal” demi mendorong UMKM di Jawa Barat memiliki bisnis yang berkelanjutan.

    Seminar ini merupakan bagian dari program BJBPreneur: Future of Sustainability yang Bank BJB luncurkan pada awal tahun 2024.

    Seminar tersebut menghadirkan narasumber kompeten, seperti Manajer Sentra UMKM PESAT Wilayah Bandung Raya Auliya Agung Pratama. Kemudian menghadirkan Wakil Rektor 3 UNPAR Catharina Palupi, dan Managing Partner IDNA Solution Dina Dellyana. Bertempat di Gedung Pusat Pembelajaran Arntz-Geise (PPAG) UNPAR, Kota Bandung, pada Selasa (20/2/2024).

    Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNPAR, Hengky Muljana, menekankan sinergi pelaku usaha dan akademisi dalam memajukan UMKM sangat penting.

    “UNPAR memiliki pusat layanan usaha kecil dan menengah yang fokus pada UMKM. Dengan berbagai pelatihan untuk membantu wirausaha dan mempercepat perkembangan bisnis mereka,” ujar Hengky.

    BJBPreneur On Campus Perkuat Wawasan Pelaku UMKM

    UNPAR juga memiliki pusat studi usaha kecil dan menengah yang melakukan penelitian untuk mendorong UMKM mengembangkan usahanya secara efisien.

    Hengky berharap seminar ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan bagi para pelaku UMKM. Untuk mengembangkan bisnis mereka dengan lebih efisien dan inovatif. Kemudian dapat berkontribusi untuk terciptanya UMKM yang inklusif dan berkelanjutan.

    Deputy CEO Regional Kantor Wilayah I Bank BJB Betty Rahmawati menjelaskan, pemberdayaan UMKM yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan bisnis UMKM di Jawa Barat merupakan program dari BJBPreneur.

    “BJBPreneur On Campus merupakan rangkaian kegiatan yang terselenggara dari Februari hingga Mei mendatang, bertepatan dengan hari ulang tahun Bank BJB,” kata Betty.

    Fokus program BJBPreneur 2024 yakni pada pembangunan ekosistem UMKM. Demi meningkatkan dampak ekonomi lokal dan mendorong inovasi dari wirausahawan muda. Kemudian menjadikan Bank BJB sebagai pusat ekosistem perkembangan usaha di Indonesia.

    Selain seminar, BJBPreneur On Campus di UNPAR juga meriah dengan pameran UMKM. Kemudian ada juga coaching clinic dengan peserta dari beberapa UMKM di bidang kerajinan tangan.

    Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku UMKM. Terlebih dalam melakukan riset pasar, sehingga mereka mampu bersaing di pasar global dan membangun bisnis yang berkelanjutan.

    BJBPreneur 2024 diluncurkan pada 1 Februari lalu. Yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan fokus pada pembangunan ekosistem UMKM, desain kegiatan ini untuk meningkatkan dampak ekonomi lokal, mendorong inovasi dari wirausahawan muda. Kemudian menjadikan Bank BJB sebagai pusat ekosistem perkembangan usaha di Indonesia.

    (Press Release Bank BJB/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img