spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Pj Wali Kota Targetkan, Kota Bandung Miliki BPBD di Tahun 2025

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menargetkan pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandung paling lambat dapat terbentuk Tahun 2025.

    Menurutnya, dengan dibentuknya BPBD merupakan hal yang penting untuk menghadapi kesiapsiagaan segala bentuk bencana yang terjadi di wilayahnya.

    BACA JUGA: Masuk Musim Hujan, Pj Wali Kota Minta Diskar PB Kota Bandung Antisipasi dan Mitigasi Bencana

    “Dari sisi regulasi sudah cukup, dukungan politik dari legislatif juga sudah cukup. Tinggal kita maju ke depan kita harus punya cita-cita dan kita harus punya target tahun 2025 paling lambat BPBD harus dibentuk karena ini adalah sebuah kebutuhan,” kata Bambang di Kantor Diskar PB Kota Bandung Jalan Sukabumi Kota Bandung Jabar Senin (19/2/2024).

    Bambang menyampaikan, saat ini sudah dibentuk Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB) yang diketuai Kepala Diskar PB Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana. Ia menyebut ini merupakan cikal bakal dibentuknya BPBD Kota Bandung.

    “Untuk dibentuknya organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah bahwa secara legitimasi dan regulasi sudah cukup sesungguhnya untuk dibentuk yang namanya Badan Penanggulangan Bencana,”katanya.

    BACA JUGA: Kendalikan Harga Beras, Pemkot Bandung Kembali Gelar Pasar Murah di 30 Kecamatan

    Pihaknya juga menyebut, memang ada tahapan yang harus di dalam pembentukan BPBD di Kota Bandung. Pembentukan BPBD harus segera terealisasi karena telah menjadi kebutuhan daerah.

    “Kita harus punya semangat yang sama berdasarkan kepada kebutuhan daerah, kebutuhan kota, kita perlu membentuk Badan Penanggulangan Bencana. Lembaga ini sangat dibutuhkan oleh kita sehingga pada akhirnya kita semua bisa fokus bekerja,”ujarnya.

    Bambang mengungkapkan, kehadiran BPBD kota merupakan hal yang penting untuk dibentuk agar kesiapsiagaan dalam penanganan bencana bisa lebih efektif dilakukan.

    Pihaknya optimistis Kota Bandung akan memiliki BPBD secepatnya. Terlebih dukungan dari pihak legislatif dan lainnya juga sudah ada.

    “Dukungan dari legislatif juga sudah ada. Mohon dukungan juga nih dari teman-teman semua. Mudah-mudahan BPBD Kota Bandung ini segera bisa dibentuk,”ungkapnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img