spot_img
Minggu 26 Mei 2024
spot_img
More

    Masa Tenang Pemilu, Panwascam Kawalu Kota Tasikmalaya, Fokus Awasi Praktik Politik Uang

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id : Masa tenang Pemilu 2024 yang berlangsung pada 11-13 februari 2024, menjadi masa krusial untuk melakukan pengawasan karena ada indikasi masa ini akan ada pemanfaatan oleh pihak-pihak tertentu untuk melakukan praktik-praktik kecurangan pemilu. Untuk mencegah kecurangan pemilu terjadi, jajaran Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kawalu Kota Tasikmalaya memaksimalkan kerja-kerja pengawasan dengan deteksi dini dan mitigasi kerawanan.

    Ketua Panwascam Kawalu Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat (Jabar) Epa mengatakan, pada masa tenang pemilu, ada larangan melakukan aktivitas kampanye termasuk melakukan praktik-praktik kecurangan pemilu dan tindakan lainnya.

    “Jajaran Panwascam Kawalu, terus meningkatkan tensi pengawasan di masa tenang. Dengan fokus pengawasan aktivitas kampanye dan praktik politik uang. Dua hal ini menjadi perhatian utama untuk kita awasi,” ungkap Epa Saat Press Release di Sekretariat Panwascam Kawalu Selasa (13/02/24).

    Ia menjelaskan, politik uang salah satu bentuk kecurangan pemilu yang sangat berbahaya dan keji karena,. Hal itu dapat merusak nilai ideologi dan integritas pemilih, juga merendahkan kualitas hasil pemilu.

    “Perlu diketahui, sesuai UU nomor 7 tahun 2017 pasal 515, praktik politik uang (bagi-bagi uang) dalam pemilu. Baik pemberi maupun pihak penerima dikenakan sanksi pidana maksimal 3 tahun penjara,” tegasnya.

    Panwascam Kawalu Tasikmalaya Konsentrasi Penertiban APK

    Pihaknya juga menuturkan, selain fokus pengawasan kecurangan pada masa tenang, Panwascam Kawalu terkonsentrasi melakukan penertiban Bahan Kampanye (BK). Kemudian penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) pemilu 2024 di wilayah Kawalu Kota Tasikmalaya.

    “Sejak memasuki masa tenang pemilu, Panwascam Kawalu sudah menertibkan lebih dari 1.526 bahan kampanye. Juga penertiban alat peraga kampanye dari berbagai partai politik dan Capres-Cawapres dengan berbagai ukuran,” paparnya.

    Epa menambahkan, saat ini di wilayah Kecamatan Kawalu sudah steril dari BK dan APK. Sehingga, selanjutnya, kita berkonsentrasi melakukan pengawasan logistik pemilu.

    “Hari ini, kami jajaran Panwascam Kawalu bersama seluruh tenaga PTPS melakukan pengawasan melekat. Pergeseran logistik pemilu dari PPS ke setiap TPS. Kemudian memastikan seluruh logistik pemilu 2024 sudah sampai di seluruh TPS yang ada di Kawalu. Sehingga pencoblosan 14 februari besok berlangsung lancar dan kondusif,” tandasnya.

    (Seda/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img