spot_img
Rabu 21 Februari 2024
spot_img
More

    Pimpin Apel Pengawasan Pemilu 2024, Pj Walikota Tasikmalaya Minta Pengawas Jaga Integritas Pemilu

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id : Ribuan tenaga pengawas dari tingkat Kota, kecamatan sampai tingkat kelurahan se-Kota Tasikmalaya provinsi Jawa Barat (Jabar), mengikuti Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024.

    Apel Siaga Kesiapan pengamanan pemilu digelar di halaman kantor Balekota Tasikmalaya, jalan Letnan Harun Nomor 1 Kec.Bungursari Kota Tasikmalaya Minggu (11/02/24).

    Apel tersebut dipimpin langsung Pj Walikota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah, yang dihadiri Sekretaris Daerah Ivan Dichsan Hasannudin serta sejumlah pejabat eselon II di lingkungan Pemkot Tasikmalaya.

    “Kegiatan Apel serentak hari ini sebagai bentuk kesiapan seluruh jajaran pengawas pemilu di Kota Tasikmalaya untuk mengawasi seluruh tahapan-tahapan pemilu dari masa kampanye, masa tenang sampai pemungutan dan penghitungan suara pemilu di TPS 14 februari mendatang,”ungkap Cheka Virgowansyah kepada wartawan di Balekota Minggu (11/02/24).

    Ia menjelaskan, Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu, tentu memiliki kewajib untuk melakukan pengawasan dengan baik dan benar agar pelaksanaan pemilu ini berjalan lancar, aman dan damai.

    “Salah satu kunci suksesnya pelaksanaan pemilu yakni, adanya kesiapan seluruh jajaran Pengawas. Tentunya dalam mengawasi proses pemilu untuk mewujudkan pemilu yang damai, jujur, adil, berintegritas dan bermartabat,”ujarnya.

    Garda Utama Pengawas Pemiku 2024 Kota Tasikmalaya

    Cheka menambahkan, insan-insan pengawas ini merupakan garda utama. Kemudian menjadi ujung tombak dalam pengawasan pelaksanaan pemilu agar berlangsung jujur, adil dan kondusif.

    “Hari pencoblosan tinggal tiga hari lagi. Karenanya, tenaga pengawas jangan menyerah dan teruslah bersemangat untuk mengawal dan mengawasi pelaksanaan pemilu. Tetap menjaga integritas diri dan integritas pemilu 2024 ini,”pintanya.

    Dirinya pun mengajak seluruh pihak untuk menjaga dan menghormati masa tenang pemilu agar ruh masa tenang ini benar-benar dirasakan.

    “Saat ini sudah memasuki tahapan masa pemilu sehingga, kita berharap semua pihak tidak melanggar aturan-aturan pada imasa tenang. Bersama-sama kita wujudkan Kota Tasikmalaya yang aman, nyaman dan damai,”ujarnya.

    “Kita wujudkan pemilih ini damai dan nyaman untuk menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan berintegritas demi masa depan bangsa dan negara,”terangnya.

    Sementara Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tasikmalaya Zaki Pratama Sauri mengungkapkan, hari pencoblosan sudah semakin dekat untuk itu, jajaran pengawas baik di tingkat Kota sampai tingkat kelurahan (TPS) akan meningkatkan intensitas pengawasan.

    “Kami akan meningkatkan strategi pengawasan menjelang pencoblosan 14 februari mendatang. Pasalnya, semakin dekat pencoblosan, diindikasikan akan semakin tinggi pula praktik-praktik kecurangan pemilu, ini harus kita cegah,”ujarnya.

    Terkait masa tenang pemilu, Zaki mengatakan, akan fokus melakukan pengawasan terkait money politi. Karena, praktik-praktik ini akan berpotensi terjadi di masa tenang.

    “Pola Patroli Pengawasan harus kami tingkatkan. Kami akan patroli ke seluruh pelosok terutama di titik-titik rawan kecurangan pemilu 2024 seperti di Kec. Cipedes, Kawalu dan Kec. Indihiang Kota Tasikmaya,” imbuhnya.

    (Seda/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img