spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    TPT Ambrol Akibat Hujan Deras di Bendasari Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Hujan deras dengan intensitas yang cukup tinggi mengguyur wilayah Kecamatan Sadananya dan sekitarnya menyebabkan sejumlah kejadian bencana alam longsor yang mengakibatkan sejumlah rumah mengalami kerusakan dan terancam terseret tebing longsor.

    Menurut anggota FK Tagana Kabupaten Ciamis Yulianti, berdasarkan catatan pihaknya di lapangan. Baru tercatat ada tiga titik lokasi kejadian longsor. Yakni di wilayah Desa Bendasari dan Desa Mekarjadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

    “Kejadian tebing longsor di Dusun Cikaronjo merusak satu rumah dan mengancam satu rumah milik warga,”katanya. Minggu (4/2/2024)

    Yulianti menuturkan, selain di wilayah Dusun Cikaronjo kejadian longsor juga terjadi di wilayah Dusun Cirahab Desa Bendasari. Mengakibatkan tembok Penahan Tebing (TPT) setinggi 10 meter dengan panjang 20 meter milik warga jebol. Saat hujan deras mengguyur wilayah itu.

    “Rumah milik Bapak Hamdan warga Dusun Cirahab terancam terseret longsor karena Tembok Penahan Tebing (TPT) nya ambrol,”ucapnya.

    Yulianti mengatakan,  kerugian dampak dari tembok penahan tebing (TPT) itu longsor saat ini masih dalam penghitungan. Berapa kerugian material yang diderita pemilik rumah tersebut karena tim relawan Tagana masih di lapangan.

    “Kerugian dampak bencana itu masih dalam penghitungan berapa kerugian yang diderita pemilik rumah,” jelasnya.

    Yulianti melanjutkan, akibat tebing longsor di Desa Mekarjadi wilayah Dusun Sedekan. Material longsoran menimbun saluran air Ciputri subur.

    ” Kalau tidak cepat ada penanganan dampak tersumbat aliran air Ciputri Subur akan mengancam satu rumah milik warga. Yang berada di atas lokasi kejadian,”ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img