spot_img
Kamis 9 Mei 2024
spot_img
More

    Ciamis Diterjang Bencana Sejumlah Rumah Tertimpa Pohon Tumbang dan Longsor

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Hujan deras yang terus mengguyur dengan intensitas cukup tinggi serta terjangan angin kencang melanda sejumlah wilayah Kecamatan di Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Kondisi itu mengakibatkan sejumlah rumah milik warga terdampak pohon tumbang serta longsor.

    Menurut penasehat Tagana Kabupaten Ciamis Ade Deni, pihak Tagana sampai malam ini sudah mencatat sejumlah kejadian akibat hujan deras beserta angin kencang yang menyebabkan rumah milik warga mengalami kerusakan.

    “Untuk Kecamatan Sadananya tercatat satu rumah yang rusak akibat terimbun longsor dari tebing dan dua rumah terancam terseret longsor,”katanya. Minggu (4/2/2024)

    Ade menuturkan, selain di wilayah Kecamatan Sadananya kejadian bencana alam juga menimpa wilayah Kecamatan Sukadana. Ada tebing di pinggir jalan yang ambrol akibat tidak kuat menahan curahan hujan itu.

    “Kejadian Tebing longsor di Dusun Pasirnagara Desa Salakaria. Material longsorannya menutup saluran irigasi sehingga air meluap membanjiri pesawahan yang baru dicangkul,” ucapnya.

    Ketpot: Rumah salahsatu warga Desa Kawunglarang Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis Tertjmoa Pohon
    Ketpot: Rumah salahsatu warga Desa Kawunglarang Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis Tertjmoa Pohon

    Ade melanjutkan, masih di wilayah Kecamatan Sukadana akibat curahan hujan yang tinggi. Di wilayah Desa Sukadana sawah yang baru ditanami padi terendam banjir kemudian saluran irigasi Cigaruguy longsor.

    “Di wilayah Desa Margajaya tepatnya Dusun Margasari blok Cikadu tebing longsor menutupi sebagian bahu jalan, “terangnya.

    Ade menerangkan, sedangkan untuk wilayah Kecamatan Rancah sejumlah rumah milik warga tertimpa pohon tumbang. Serta ada kejadian longsor yang menimpa rumah milik warga.

    “Rumah milik Pak Aji Supwagaputra warga Desa Bojonggedang yang berada di bawah tebing tertimpa material longsor,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img