spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Ribuan Anggota KPPS di Kota Banjar Bertahap Ikuti Bimtek

    BANJAR, FOKUSJabar.id: Sebanyak 4.277 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kota Banjar bertahap ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) di Gedung Graha Banjar Idaman (GBI) Banjar.

    Bimbingan teknis tersebut membahas terkait peran dan fungsi anggota KPPS dalam penyelenggaraan pemilihan umum. Bimtek ini diselenggarakan pada 26 sampai 28 Januari 2024.

    BACA JUGA:

    Jaring Atlet Potensial Ciamis, Al Kautsar Gelar Open Festival Karate

    “Ini hari kedua KPU Kota Banjar menggelar bimtek kepada anggota KPPS yang akan bertugas di Pemilu 2024,” kata Komisioner KPU Devisi Teknis Penyelenggaraan, Joko Nurhidayat di Gedung GBI Banjar, Sabtu, (27/1/2024).

    Joko menjelaskan, KPU Kota Banjar mengadakan Bimtek ini secara serentak untuk seluruh anggota KPPS yang baru saja dilantik.

    Bimtek ini dilaksanakan secara bertahap selama tiga hari dan digelar di tiga titik. Pertama di Gedung BCH, Gedung GBI, dan Aula Somahna Bagja Di Buana Komplek Sekretariat Daerah Kota Banjar.

    “Total ada 4.277 KPPS yang kami lantik untuk bertugas di 611 TPS yang tersebar di empat kecamatan Kota Banjar,” kata dia.

    Mereka akan dibagi kelompok yang mana setiap kelompok berisikan 7 orang KPPS. Waktu tugas mereka yaitu saat hari pencoblosan Pemilu 2024.

    BACA JUGA:

    Warga Jabar Titip Amanat ke Ganjar: Jangan Lupakan Rakyat Kecil

    Joko menjelaskan ada yang berbeda dari penyelenggaraan pemilu sebelumnya. Dulu hanya memberikan bimbingan teknis atau Bimtek KPPS kepada satu anggota di setiap TPS.

    Pemilu 2024, seluruh anggota KPPS sebanyak tujuh orang tiap TPS mendapat bimtek dari KPU. Tujuannya, lanjut dia, untuk meningkatkan kualitas kelayakan kepada pemilih dalam menggunakan hak pilihnya di TPS.

    “Kalau tujuh orang ini dilatih, maka juga ada kesempatan bagi tujuh orang ini saling mengingatkan pemahaman dan kemampuan teknis dalam penyelenggaraan pemungutan, penghitungan suara di TPS,” kata Joko.

    Joko menambahkan, setiap anggota KPPS dalam Bimtek diberikan pemahaman terkait tugas fungsi dan perannya saat hari pencoblosan di TPS masing-masing.

    Salah satu yang ditekankan adalah untuk selalu mengawasi kota suara terutama saat pemilih hendak memasukan surat suara agar sesuai dengan kotak suara yang telah ditentukan.

    “Kami juga tak henti-hentinya selalu mengingatkan kepada masyarakat terutama para pemilih agar datang ke TPS pada tanggal 14 Februari 2024,”ucapnya.

    Salurkan hak pilih anda, karena itu penting dan menentukan pemimpin bangsa Indonesia kedepan,” pungkas Joko.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img