spot_img
Senin 22 April 2024
spot_img
More

    Kondisi 12 Korban Kecelakaan Truk Peziarah di Saguling KBB, RSHS: 4 Orang Harus Dioperasi Kepala

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) merawat 12 korban kecelakaan truk yang mengangkut rombongan peziarah di Jalan Saguling, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (26/1/2024).

    Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSHS Bandung dr Roland Sidabutar mengatakan, mayoritas 12 orang korban kecelakaan yang dirujuk ke RSHS mengalami trauma di kepala. Terdapat pula korban kecelakaan yang mengalami luka di bagian tubuh lainnya.

    “Hampir sebagian besar ini trauma kepala juga, ada 4 orang pasien trauma kepala yang harus menjalani operasi. Sedangkan korban yang mengalami luka di badan dan kaki tidak memerlukan operasi,”kata Roland Sidabutar di RSHS Kota Bandung Jabar Jumat (26/1/2024).

    Selain itu, satu orang pasien tidak mengalami luka berat sehingga dapat pulang. Dari keempat pasien yang akan dioperasi sebanyak dua orang mengalami kritis dan tak sadarkan diri.

    “Dari keempat pasien operasi sedang disiapkan operasinya dan siapkan juga dari semua faktor pendukung operasi ruang perawatan dan lainnya,”ucapnya.

    Sementara itu, Wadirlantas Polda Jawa Barat AKBP Edwin Afandi menyampaikan, kecelakaan truk yang mengangkut rombongan peziarah di duga mengalami rem blong. 

    “Saya bisa sampaikan bahwa analisa awal adalah adanya kegagalan sistem rem (blong) dari kendaraan tersebut,”kata AKBP Edwin Afandi. 

    Namun, kata dia, hingga saat ini penyelidikan tetap dilakukan untuk memastikan penyebab utama kecelakaan. Pasalnya, penyebab kecelakaan truk bisa saja tidak hanya karena kondisi rem blong namun karena yang lain.

    “Kita identifikasi di lapangan yang pertama faktor kendaraan, kedua faktor pengemudi. Kemudian ada faktor lingkungan yaitu kurangnya penerangan, keempat faktor jalan agak rusak,”ucapnya.

    Seperti diketahui, kecelakaan truk bernomor polisi D 8304 WY ini menyebabkan lima orang meninggal dunia. Sedangkan 23 orang lainnya mengalami luka berat dan ringan.

    Para korban meninggal dunia telah dibawa ke masing-masing rumah duka. Sedangkan korban luka ringan dan luka berat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Cililin. Kemudian di Rumah Sakit Kawaluyaan dan sebagian dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin.

    (Yusuf Mugni/irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img