spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Duduk Terlalu Lama, Cegah Dengan Cara Ini

    FOKUSJabar.id: Duduk terlalu lama dapat menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan terkait postur tubuh. Seperti masalah pada tulang belakang, yang dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. 

    Profesor kesehatan di Swansea University, Kelly Mackintosh. Menyoroti pentingnya untuk berdiri setidaknya setiap 15, 30, atau 60 menit guna mencegah masalah tersebut.

    Menurut Mackintosh, berdiri secara berkala bukan hanya cara yang mudah, tetapi juga efektif dalam menjaga kesehatan. 

    Selain itu, menjaga layar monitor laptop atau komputer sejajar dengan mata. Serta memastikan kaki menyentuh lantai, dapat membantu menjaga postur tulang belakang dan pinggul agar tetap nyaman.

    “Pada dasarnya, meskipun Anda memiliki volume waktu duduk yang sama secara keseluruhan, selingi dengan berdiri jauh lebih baik untuk berbagai aspek kesehatan Anda. Bahkan berdiri sekali setiap 60 menit membantu,” ujar Mackintosh, seperti laporan The Guardian.

    Baca Juga: Mengurangi Konsumsi Gula, Apa yang Terjadi pada Tubuh?

    Berdiri tidak harus selalu sebagai interupsi pekerjaan. Ketika berdiri, seseorang masih dapat melakukan tugas seperti membaca surat elektronik, melakukan panggilan bisnis, atau bahkan berjalan-jalan sambil memikirkan sesuatu terkait pekerjaan.

    Duduk terlalu lama dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kekakuan otot, tendon, nyeri punggung bawah, dan masalah pinggul yang dapat berujung pada nyeri muskuloskeletal lainnya. 

    Penelitian terbaru bahkan menemukan korelasi antara duduk lama dan masalah pinggul yang dapat meningkatkan risiko nyeri leher.

    Mackintosh menekankan bahwa meskipun seseorang bisa sangat aktif, hal tersebut tidak sepenuhnya melindungi tubuh dari dampak kurangnya gerakan. 

    Peregangan menjadi salah satu solusi sederhana untuk mengurangi masalah ini.

    Ketika seseorang duduk terlalu lama, metabolisme tubuh melambat, sirkulasi menyempit, dan kemampuan tubuh untuk mengatur glukosa terganggu. 

    Duduk yang terlalu lama juga dapat mematikan beberapa otot terbesar tubuh dan meningkatkan risiko obesitas serta diabetes.

    Mengingat dampak serius dari kebiasaan duduk yang berlebihan, memasukkan kebiasaan berdiri secara teratur dalam rutinitas harian dapat menjadi langkah sederhana namun efektif untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img